Kerja Bakti Rehab Rumah di Desa Sijenggung Capai 95%

Banjarnegara – Anggota Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 dari Kodim 0704 Banjarnegara bersama warga Desa Sijenggung melaksanakan kegiatan kerja bakti rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Ibu Sarinah. Kegiatan ini berlangsung di RT 02 RW 01 Dusun Tempuran, Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Minggu (02/06/24). Progres pengerjaan telah mencapai 95%.

Pratu Dery Nofriasi Sibarani dari Yonzipur 4/TK, salah satu anggota Satgas TMMD, menggunakan kesempatan ini untuk melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan Bapak Mahin, salah satu warga setempat. “Dalam setiap kegiatan TMMD, kami tidak hanya fokus pada pengerjaan fisik tetapi juga berusaha untuk mempererat hubungan dengan warga setempat. Komsos ini penting untuk mengetahui kebutuhan dan aspirasi warga,” ujar Pratu Dery.

Rehabilitasi RTLH ini merupakan bagian dari program TMMD yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. Ibu Sarinah, penerima bantuan ini, merasa sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan. “Saya sangat berterima kasih kepada TNI dan semua warga yang telah membantu. Rumah saya sekarang menjadi lebih layak huni dan nyaman,” ujarnya dengan penuh haru.

Kerja bakti ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari anggota TNI, perangkat desa, hingga warga setempat. Semangat gotong royong yang terlihat di Desa Sijenggung menunjukkan betapa pentingnya kerja sama dalam mencapai tujuan bersama. Kapten Inf Koko Suwarko, Pasiter Kodim 0704 Banjarnegara, menyampaikan apresiasinya terhadap partisipasi aktif warga. “Keterlibatan warga sangat membantu mempercepat progres pengerjaan. Kami berharap semangat gotong royong ini terus terjaga,” katanya.

Kepala Desa Sijenggung, Suyono, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. “Kegiatan TMMD ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Selain memperbaiki infrastruktur desa, kegiatan ini juga mempererat hubungan antara TNI dan warga. Kami berharap program seperti ini terus berlanjut,” ujar Suyono.

Program TMMD Reguler ke-120 ini tidak hanya fokus pada rehabilitasi rumah tetapi juga mencakup berbagai kegiatan lainnya seperti pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, berbagai kegiatan non-fisik seperti penyuluhan kesehatan, pendidikan, dan kebersihan lingkungan juga dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Partisipasi aktif warga Desa Sijenggung dalam program TMMD ini menunjukkan adanya kesadaran dan keinginan yang kuat untuk membangun desa mereka. Setiap hari, warga bersama-sama dengan anggota Satgas TMMD bekerja bahu-membahu, mulai dari pengangkutan bahan bangunan hingga pengerjaan fisik seperti pengecoran dan pengecatan.

TMMD Reguler ke-120 ini menjadi bukti nyata bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan desa. Dandim 0704 Banjarnegara, Letkol CZI Teguh Prasetyanto, S.T., menekankan pentingnya sinergi antara TNI dan masyarakat. “Keberhasilan program TMMD tidak lepas dari dukungan dan partisipasi aktif masyarakat. Kami berharap melalui program ini, kualitas hidup warga Desa Sijenggung dapat semakin meningkat,” ungkapnya.

Dengan hampir selesainya rehabilitasi rumah Ibu Sarinah, diharapkan akan ada lebih banyak lagi proyek yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. TMMD Reguler ke-120 ini diharapkan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya membangun dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Program ini tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek tetapi juga memberikan dampak positif jangka panjang bagi pembangunan desa yang berkelanjutan.(Pendimbna).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.