Keren, TNI Di Perbatasan RI- PNG Tampilkan Kolaborasi Tarian Tradisional Khas Batak Papua Di Festival Crosborder

NusantaraTerkini.Com, Papua – Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 121/ Macan Kumbang ikut memeriahkan Festival Crosborder yang digelar Kementrian Parawisata di gerbang utama perbatasan Indonesia dan Papua Nugini (PNG), pada 7-8 Agustus 2018.

Agenda tahunan ini terpusat di Lapangan Skouw, Jayapura Papua (Perbatasan RI-PNG).

Satgas Macan Kumbang tersebut menampilkan pagelaran musik Band Macan Kumbang serta tarian tradisional khas Batak yang dikolaborasikan dengan tarian khas Papua dimainkan sendiri oleh personel Satgas Yonif 121/MK.

Tarian kolaborasi ini merupakan tarian Tor tor Batak yang digabungkan dan dipadukan dengan tarian khas Papua yang diiringi musik Gondang Batak.

“Selain itu juga Satgas Yonif 121/MK memamerkan hasil kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh para personel Satgas Yonif 121/MK berupa busur panah dan lukisan yang terbuat dari kulit telur,” ujar Komandan Satgas Yonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal, Rabu (8/8).

Festival Cross Border Jayapura merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya yang berasal dari negara tetangga yang berbatasan darat dengan Indonesia yaitu Papua Nugini (PNG).

Kegiatan ini sengaja di laksanakan di Skouw Jayapura dikarenakan Skouw merupakan gerbang utama antara kedua negara, dimana dari gerbang tersebutlah pelintas-pelintas batas negara banyak keluar dan masuk Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Ricky Fauziyani, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E. Supit, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kadis Parawisata Prov. Papua Yosep Matutina, Walikota Jayapura Drs. Benhur Tommi Mano dan Komandan Satgas Yonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal serta Gubernur Vanimo dari Negara PNG Iton Tofli Wouwou. (FN)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.