Kendaraan Bermuatan Kayu Sonokeling Tanpa Dokumen Sah Terciduk Polisi

Loading...

MAJALENGKA – Satuan Reserse Kriminal Polres Majalengka Polda Jawa Barat bekerjasama dengan Badan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah Kabupaten Majalengka – Cirebon berhasil menggagalkan hasil dari aksi pencurian kayu atau illegal logging di Blok Curug Gentong, petak 25 RPH Kepuh BKPH Ciwaringin Cirebon, Hutan Wilayah Sekunder (HWS).

Terungkapnya kasus tersebut, berawal dari adanya informasi dari masyarakat yang menyebutkan adanya truk yang sedang memuat kayu dan diduga tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso didampingi Wakapolres H. Hidayatullah dan Kasat Reskrim AKP. M Wafdan serta Kepala KPH Wilayah Cirebon – Majalengka, Ridwan mengatakan bahwa penangkapan dilakukan atas dasar laporan dari masyarakat yang menyebutkan kendaran jenis truk bermuatan kayu melintas ke wilayah hukum Polres Majalengka.

“Satreskrim Polres Majalengka dan petugas KPH yang saat itu lagi berpatroli bersama sama mengejar kendaraan tersebut dan diketahui bermuatan kayu sonokeling serta tak memiliki dokumen yang sah,” ungkap kapolres saat gelar konferensi pers di halaman Sateeskrim Polres Majalengka, Kamis (27/02/2020).

Lanjutnya, tersangka diketahui berasal dari Cirebon berinisial KR (42) dan mengaku bahwa keseharian dirinya adalah seorang supir dan ini baru pertama kalinya membawa muatan kayu untuk dijadikan sebagai bahan kursi.

“Kasusnya akan dikembangkan guna penyelidikan lebihlanjut, tersangka dijerat pasal 83 ayat 1 UU RI No.18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hasil hutan dengan maksimal kurungan penjara selama 5 tahun,” pungkasnya. (GW)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang