Kemasan Dan Produk UMKM Sekadau Jadi Perhatian Menteri Koperasi UMK

Sekadau,Nusantaraterkini.com – Menteri Koperasi UMK Teten Masduki  melihat langsung pajangan  beberapa produk lokal  dari pelaku UMKM Sekadau di Sekadau UMKM Centre ” Jalan Merdeka Timur. Kegiatan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja ke kabupaten Sekadau Kalimantan Barat.

” Dari produk yang sudah kita lihat langsung secara keseluruhan bagus kesemuanya berbahan baku lokal  dan memiliki potensi baik di pasar nasional dan juga global, namun dari segi kemasan dan brand masih sangat sederhana ” katanya pada Sabtu (27/3/2021) diselah peresmian UMKM Centre Sekadau.

Dari peninjauan UMKM Centre dikatakan ada beberapa produk lokal berpotensi di pasar nasional dan juga global diantaranya beras hitam, keripik bahan pisang dan bidai dari anyaman rotan namun dari perhatiannya terkait kemasan dan brand menjadi fokus sang menteri.

” Dari produk – produk berpotensi ekspor tersebut  nantinya akan dihubungkan dengan pendamping ekspor  UMKM  supaya standarisasi produk bisa dipenuhi dan bisa bersaing, mengingat potensi produk lokal Sekadau sangat besar dan perlu digali ” tambahnya.

Besarnya potensi Sekadau terhadap beberapa produk UMKM  berbahan baku lokal , terutama tiga produk yaitu, bidai dari anyaman rotan, keripik pisang dan beras hitam jadi atensi Menteri Koperasi UMKM, pada kesempatan ini ditekankan agar pemerintah kabupaten menggali potensinya.

” Produk UMKM bidai dari anyaman rotan sangat bagus dan keren, ini harus dikembangkan terus ” tambahnya.

Kementerian dikatakannya sudah menyediakan Dana Alokasi Khusus untuk pendidikan  dan pelatihan – pelatihan bagi pelaku UMKM dan akan terus dilakukan pengembangan. (jr)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.