Kelas Balita Puskesmas Suradadi Tegal, Dukung Non Fisik TMMD Reguler

Tegal – Rutinitas Puskesmas Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, adalah memberikan edukasi kepada ibu-ibu yang mempunyai Balita, di 11 desa yang menjadi lingkup kerjanya.

Kelas Balita (Bawah Lima Tahun) diselenggarakan secara bergilir satu bulan sekali. Khusus untuk Desa Jatimulya, yang sedang dibangun melalui TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, penyelenggaraan kelas ini dipadukan dengan kegiatan non fisik TMMD berupa penyuluhan kesehatan.

Nampak Babinsa Jatimulya dari Koramil 05 Suradadi/salah satu anggota Satgas TMMD, Serda Mursidi, memberikan kata pengantar di rumah Sriwidarti, Dukuh Sigerung, Jatimulya. Selasa (23/7/2019).

Sementara selaku narasumber, DJatiningsih, S.St (55) ahli gizi/nutrisionis Puskesmas Suradadi, mengatakan bahwa, maksud dan tujuan diadakan kelas ibu balita yaitu untuk memberikan serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dengan menggunakan Buku KIA dalam mewujudkan tumbuh kembang Balita sehingga dapat optimal. Pasalnya, Balita sangat rentan terkena bermacam gangguan kesehatan bahkan kematian.

“Kelas ini ditujukan bagi ibu-ibu yang mempunyai anak Balita yaitu umur 0-59 bulan. Para orang tua ini perlu pengajaran tentang cara penggunaan buku KIA,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk kegiatan yang dilakukan meliputi diskusi, materi pelayanan kesehatan, gizi serta stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pungkas acara dilakukan post test, sebagai evaluasi hasil dari pelaksanaan kelas tersebut sehingga dapat mengetahui peningkatan penyerapan materi yang dibahas bersama atau yang disampaikan fasilitator/narasumber. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.