Kegiatan Ilegal di Laut Jadi Perhatian Serius Danlanal

NusantaraTerkini.Com – Aktifitas ilegal di kawasan perairan laut, seperti peredaran BBM ilegal dan juga aktifitas perikanan illegal menjadi perhatian serius Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letnan Kolonel Pelaut Fajar Rusdianto.

Sebab pada kegiatan tersebut berpeluang besar terjadinya praktik pungutan liar (Pungli). “Dimana ada kegiatan ilegal maka di sana ada peluang untuk melakukan pungli, inilah yang menjadi perhatian kami dan mengupayakan dengan keras untuk mencegah pungli tersebut terjadi,” tegas Danlanal.

Danlanal Bengkulu Letkol (P) Fajar Rusdianto
Danlanal Bengkulu Letkol (P) Fajar Rusdianto

Selain itu, sebagai upaya mengantisipasi praktik pungli di jajarannya, Danlanal akan melakukan pengawasan ketat di pos-pos Lanal yang ada. “Pengawasan akan saya lakukan setiap saat,” imbuhnya.

Sembari memberikan sosialisasi dan instruksi disertai penekanan-penekanan kepada jajarannya untuk tidak coba-coba pungli. Sesuai instruksi Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut RI.

Namun sejauh ini Danlanal mengaku belum pernah mendengar ada jajaran angkatan laut yang melakukan pungli. Kendati demikian dia mengakui peluang untuk pungli tersebut selalu terbuka terhadap bawahannya.

Karena itu sebagai konsekuensinya, seorang Prajurit Angkatan Laut yang kedapatan melakukan pungli, maka akan ditindak dengan tegas sesuai instruksi Panglima TNI. [NU/Saipul MC]

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.