Terbit : 10 Oktober, 2019 - Jam : 00:13

Kebersamaan Anggota Satgas TMMD Reguler Cilacap Dengan Masyarakat Cilibang Saat Jeda Pekerjaan

Loading...

Cilacap – Keakraban dan kedekatan anggota Satgas TMMD Reguler 106 Cilacap bersama warga sasaran pembangunan, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sangat terlihat disela-sela istirahat kerja pengerasan Jalan Beber, Cilibang. Rabu (9/10/2019).

Terlihat anggota Satgas menyapa Nikola Anjar Setiawan (3,5) yang dipangku ibunya, Sarifah (32) warga Dusun Kaligintung RT/RW. 03, Cilibang, pasca melangsir agregat pasir batu secara estafet untuk mengunci makadam yang akan diaspal.

Interaksi tersebut juga merupakan gambaran manunggalnya TNI-Rakyat, warga membantu TNI, sedangkan TNI sedang berupaya mengangkat kesejahteraan khususnya petani yang menjadi mayoritas penghuni desa dengan peningkatan akses (pengaspalan Jalan Arjuna 450 x 2,5 meter) serta pembangunan makadam Jalan Beber dengan volume sama seperti Jalan Arjuna.

Dikatakan Sarifah, dirinya terpaksa mengajak Nikola ke lokasi pengaspalan karena tidak ada orang yang menjaga di rumah. Pasalnya, ayahnya juga ikut kerja bakti membantu TNI.

Melihat potret diatas saja, tentu kita sudah mengetahui kegiatan. Hanya saja sisi humanis ditonjolkan disini. Banyak kalangan yang melihat semangat warga setempat yang tak kurang 80 orang per hari terjun membantu TNI, target akan cepat selesai sebelum pekan terakhir program TMMD Reguler, sehingga dapat digagas tentang sasaran over program.

Sekedar diketahui, sasaran pokok lainnya meliputi makadam Jalan Beber sepanjang 450 meter lebar 2,5 meter, pembuatan TPT (Tanggul Penahan Tanah) di kanan kiri jalan rawan longsor sepanjang 120 meter, gorong-gorong plat deker 5 unit, perbaikan leneng (buk/pembatas jembatan kecil) dan pembangunan leneng baru sebanyak 2 unit, serta pembuatan dan rehab MCK sebanyak 2 unit.

Sedangkan sasaran fisik tambahannya adalah merehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk mengentaskan 20 KK yang tersebar di tiga pedukuhan di Cilibang. (Pendim Cilacap/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.