Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Kasau Sampaikan Berbagai Prestasi Tni-AU Leo Wattimena Pulau Morotai Saat HUT Ke-73

Loading...

Pulau Morotai – Hari Ulang Tahun Ke-73 TNI Angkatan Udara Kabupaten Pulau Morotai diperingati melalui upacara di Markas Besar TNI-AU Leo Wattimena Pulau Morotai, yang dihadiri Bupati, Kapolres, para pejabat di lingkungan TNI-AU Pulau Morotai serta para tamu undangan lainnya, Selasa (9/4/2019).

Hari jadi Angkatan Udara kali ini mengangkat konsep “Pesta Rakyať”, sebagai manifestasi keunggulan TNI-AU dengan rakyat. TNI Angkatan Udara lahir dari rakyat, berjuang bersama rakyat, dan hasil-hasilnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.

Sebagai Irup, Kolonel Pnb. Arif membacakan amanat Kepala Staf TNI-AU bahwa, peringatan ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk melestarikan nilai-nilai historis perjuangan TNI-AU sejak awal berdiri serta sebagai evaluasi pencapaian yang telah sampai dengan saat ini.

“Bagi para prajurit TNI Angkatan Udara, momen ini saat yang tepat untuk menggali keteladanan, pengabdian, semangat pantang menyerah dan dedikasi para pelopor yang telah meletakkan pondasi perjuangan TNI dalam membela NKRI,” ucapnya.

Peran TNI-AU sangat strategis dalam menegakkan kedaulatan negara, ini sesuai pernyataan Presiden RI pertama, Soekarno, pada peringatan ke-9 Hari AURI tahun 1955 bahwa, kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern.

Kasau juga menyampaikan berbagai kemajuan angkatan udara yaitu tidak adanya zero accident yang terjadi di udara selama periode tahun 2018 dan triwulan pertama 2019. Di tahun 2018 lalu, berhasil menciptakan program-program bantuan untuk kesejahteraan prajuritnya, sebagai contoh santunan kepada 104 keluarga prajurit yang gugur dalam tugas berupa beasiswa untuk putra-putri sampai lulus kuliah, serta program pembangunan seribu rumah bagi prajurit dan akhirnya over mencapai 1.130 rumah.

Pada pelaksanaan latihan Angkasa Yudha 2018, merupakan milestone bagi TNI Angkatan Udara untuk melaksanakan simulasi perang udara yang dilaksanakan dengan model dua belah pihak dikendalikan dengan memanfaatkan Sistem Olah Yudha Seskoau.

“Saya juga mengapresiasi pelaksanaan operasi bantuan sosial dalam membantu korban bencana alam di Lombok dan Palu. Pesawat-pesawat angkut dan helikopter TNI-AU total telah mengangkut 26.801 orang serta 2.860 ton logistik pada kedua operasi bantuan sosial tersebut,” imbuhnya. (Oje)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.