Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Karena Sesepuh Desa, Keterlibatan Generasi Dibawahnya Maksimal Membantu TNI Banyumas

Loading...

Banyumas – Adalah Ismun (81) alias Mustarja, warga Grumbul/Dukuh Karang Delima RT. 06 RW. 04, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tokoh masyarakat yang terus memotivasi generasi di bawahnya untuk terus membantu TNI menyelesaikan pembangunan jalan beton 1,8 kilometer di desanya.

Apa yang dilakukan sesepuh Dukuh Karang Delima itu tak mungkin sia-sia, jelas capaian panjang jalan 1,6 kilometer lebih, dari total panjang 1,8 kilometer, adalah juga berkat sumbangsih warga di dukuhnya tersebut.

Tampak dirinya mendapatkan ucapan terima kasih dari Pelda Daryitno, anggota Koramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, yang memperkuat Satgas TMMD Reguler 108 Banyumas.

“Memang Mbah Ismun adalah motivator warga masyarakat Desa Patahunan dari Grumbul Karang Delima. Berkat beliau, warga Karang Delima terjun setiap hari membantu TNI walaupun mereka harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 20-30 menit untuk tiba di lokasi kerja bakti,” ungkap Pelda Daryitno, Pembina Grup Kesenian Tek-tek Tunggul Wulung Petahunan. Rabu (22/7/2020).

Disampaikannya juga, rataan jumlah harian dari masyarakat yang membantu TNI adalah lebih dari 70 orang, sementara dari rencana adalah hanya 50 orang itupun gabungan dari 29 RT di Petahunan yang mendapat giliran.

Tentunya hal itu tak terlepas dari pendekatan melalui Komsos yang gencar dilakukan TNI, sehingga kelebihan tenaga dapat mempercepat pekerjaan Pengecoran jalan selebar 3,75 meter, yaitu jalan pertanian dan pariwisata menuju Curug Nangga.

Memang tampaknya biasa saja kalau kita melihat gambar di atas, namun makna tersirat yang disampaikan tersurat adalah tentang upaya TNI menggalang partisipasi masyarakat di tempat tugas, dengan tidak mengesampingkan sesepuh desa. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.