Karena Ini Keterlibatan Masyarakat Pantirejo Pekalongan Over Membantu TNI

Loading...

Pekalongan – Memang tampaknya biasa saja kalau kita melihat gambar atau foto, yakni prajurit TNI dan masyarakat sedang bermain catur. Namun makna tersirat yang akan disampaikan tersurat adalah tentang upaya TNI di tempat tugas menggalang partisipasi masyarakat.

Tampak salah satu anggota Satgas TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan, Praka Arif, dari satuan Yonif 405 Surya Kusuma, sedang melakukan salah satu tugasnya yaitu pembinaan Komsos (Komunikasi Sosial) kepada masyarakat Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, tempat dimana ia bertugas saat ini.

Dijelaskannya bahwa, penggalangan keterlibatan masyarakat untuk andil dalam membantu TNI membangun infrastruktur di Pantirejo adalah beragam cara, baik itu olahraga, spiritual, ronda malam, ngobrol, dan juga melalui permainan.

“Sambil beristirahat melaksanakan pekerjaan pembangunan fisik TMMD, kita sempatkan bermain catur dengan warga setempat. Dengan permainan kita ajak mereka lebih aktif untuk membantu Satgas TMMD,” ucap Arif, Rabu (25/3/2020).

Dibenarkan Babinsa Pantirejo dari Koramil 05 Kesesi, Sertu Sutrisno, keterlibatan masyarakat sampai dengan hari kesepuluh pelaksanaan TMMD Reguler di Pantirejo adalah stabil over prestasi.

“Jumlah rataan harian dari masyarakat yang membantu TNI Satgas adalah lebih dari 70 orang, sementara dari rencana program hanya 50 orang per hari dengan catatan perwakilan dari masing-masing 17 RT di 3 dusun di Pantirejo,” bebernya.

Tentunya hal itu tak terlepas dari pendekatan melalui Komsos yang gencar dilakukan TNI Satgas, sehingga kelebihan tenaga dapat mempercepat pekerjaan pengaspalan jalan 2,5 kilometer lebar 3 meter, talud 800 meter tinggi 1 meter, rehab 10 unit RTLH, rehab 1 unit TPQ, serta pembuatan 3 unit Pos Kamling. (Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Aksi Dilarang