Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Kapten Subandi : Bela Negara Adalah Kewajiban Setiap Warga Negara

Loading...

Banyumas – Itulah materi yang dikupas oleh Danramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, Kapten Infanteri Subandi, di penyuluhan non fisik TMMD Reguler 108 Banyumas, kepada segenap komponen masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, di Lokawisata Bukit Watu Kumpul, Petahunan. Kamis (23/7/2020).

“Bela negara adalah tekad, sikap, semangat, dan tindakan seluruh warga negara secara teratur, terpadu, berkelanjutan dan menyeluruh, dengan dilandasi kecintaan kepada tanah air,” tegasnya.

Bela negara juga merupakan kesadaran berbangsa dan bernegara, dengan keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi satu-satunya bangsa Indonesia.

Bela negara juga merupakan kerelaan berkorban untuk meniadakan setiap hakekat ancaman baik internal maupun eksternal yang membahayakan kemerdekaan, kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, serta mengancam keutuhan NKRI.

“Bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri saja, namun kewajiban seluruh rakyat Indonesia. Jangan menuntut hak saja, namun kita juga harus siap melaksanakan kewajiban kita,” tandasnya.

Dalam edukasi tersebut, Kapten Subandi menegaskan bahwa, konsep baku bela negara adalah cinta tanah air, kesadaran, yakin bahwa Pancasila satu-satunya pegangan hidup, dan rela untuk berkorban demi NKRI.

Disimpulkannya, untuk mewujudkan generasi yang militan dan mencintai NKRI, maka generasi bangsa harus mengerti dan memiliki kemampuan awal bela negara.

“Saya sependapat dengan Kepala Kesbangpol Kabupaten Banyumas, Drs. Setia Rahendra, M.Si, bahwa membentuk karakter yang sadar akan bela negara, harus ditanamkan sedini mungkin dan terus menerus dikembangkan dan dimantapkan secara long life education,” pungkasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.