Kapolsek Cisoka, Pimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam

TANGERANG,NUSANTARA TERKINI. Com – Kapolsek Cisoka AKP.Nur Rokhman SH, pimpin pelaksanaan apel gabungan dalam rangka penanggulangan bencana banjir di Wilayah Polsek Cisoka, hal tersebut di lakukan sebagai bagian dari persiapan mengantisipasi bencana alam, dan dampak negatif dari datangnya musim penghujan, bertempat di halaman kantor Kecamatan Solear, Rabu (11/11/2020).

Saat ini sudah memasuki musim penghujan, untuk itu perlu dilakukan tindakan antisipasi, kemungkinan terjadinya bencana seperti banjir dan angin puting beliung, dan dengan dilakukannya apel siaga bencana khusus menghadapi bencana alam di musim penghujan ini diharapkan personel gabungan yang didukung dengan peralatan penanggulangan bencana lebih siap untuk mengantisipasi bencana apabila sewaktu waktu terjadi bencana alam.

Dalam arahannya, di hadapan peserta Apel Siaga Bencana, Kapolsek Cisoka mengatakan, terimakasih kami ucapkan atas kehadirannya, yang Kami hormati Muspika Kecamatan Solear, Bapak Danramil Cisoka, Puskesmas Cikuya, Pemadam, POKDAR Polsek Cisoka, Senkom Mitra Polri, dan Ormas Kecamatan Solear. Melalui berbagai persiapan dan kesiap siagaan dari personil gabungan, diharapkan dapat mengurangi resiko bencana, dan meringankan beban masyarakat, jika sewaktu waktu terjadi banjir, angin puting beliung maupun bencana alam lainnya.

“Hari ini kita bisa melaksanakan apel bersama, semoga kita menjadi petugas pelayan masyarakat yang baik, apel ini kami laksanakan hasil kordinasi tiga pilar (muspika) melihat dari beberapa kejadian musibah banjir setiap musim penghujan tiba di wilayah kecamatan solear,” ucapnya.

Lanjut Kapolsek, dengan adanya kesiapan kita semua tentunya hal-hal yang terjadi di wilayah kita bisa teratasi dengan baik.
Perlu saya sampaikan juga bahwa kami Muspika dibantu degan rekan-rekan Kepala Desa akan membangun posko siaga bencana terutama di desa masing – masing dibawah komando kepala desa Se kecamatan solear.

“Posko siaga bencana ini berguna untuk nantinya membantu dan melayani masyarakat yang terkena musibah banjir dan kita akan membuat dapur umum bantuan banjir, yang berlokasi di 3 titik rawan banjir dan puting beliung, yaitu di desa Cikasungka, Desa Solear dan Desa Pasangrahan,” ungkapnya.

“Seluruh personel yang tergabung dalam tanggap bencana yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Ormas, Relawan serta elemen masyarakat lainnya, mulailah saat ini untuk mempersiapkan diri dan peralatan secara maksimal, sehingga sewaktu-waktu siap turun ke lokasi bencana untuk membantu masyarakat Bendungan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Camat Solear, H.Soni Karsan mengharapkan, apel kesiapsiagaan bencana alam ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Kami sampaikan kepada Kepala Desa untuk menyampaikan perihal informasi banjir ke perangkat Desa baik Rt maupun Rw, apabila ada banjir di wilayahnya agar segera melaporkan kepada Polsek atau Posko bencana alam yang terdekat,” ujarnya.

Adapun tujuannya, yaitu untuk meningkatkan koordinasi para stakeholder penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana alam dimusim hujan ini. Selain itu, untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi puncak musim hujan, serta untuk memberikan pemahaman penanganan bencana kepada masyarakat.

Lebih lanjut mantan pemain Persita ini menyampaikan kalau di Kecamatan Solear akan membentuk team resque penanggulangan bencana banjir,
“Team Reaksi Bencana” (TRB)
kita akan melibatkan Personil Polsek Cisoka, Koramil Cisoka, BPBD, Damkar, dari Instansi pemerintah yang lain dan ormas, mudah-mudahan kegiatan yang kita niatkan baik ini dicatat sebagai amal Ibadah oleh Allah SWT.

Camat Solear juga mengimbau kepada Kepala Desa untuk mengajak warganya gotong royong seperti membersihkan sampah-sampah yang ada dikali, saluran-saluran air atau gorong-gorong air. (Man)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.