Kapolres Sekadau : Pembukaan Lahan Pertanian Berbasis Kearipan Lokal Harus Sesuai Pergub

Sekadau, Nusantaraterkini.com – Kapolres Sekadau AKBP . K Tri Panungko menyampaikan beberapa himbauan terkait  Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ) kepada Kelompok Tani Glo Tado serta perangkat desa pada Kamis(15/7/2021) di Desa Setawar .Kecamatan Sekadau Hulu.Kabupaten Sekadau.Kalimantan Barat.

Himbauan tersebut  oleh orang nomor satu di jajaran Polres Sekadau tersebut bertepatan dengan pelaksanaan penanaman perdana padi sawah .

Dalam himbauan lebih memberikan edukasi kepada masyarakat terutama kelompok tani dan pemilik lahan , untuk mengetahui adanya regulasi yang  mengatur tata cara pembukaan lahan bagi peladang , hal ini  dipandangnya sangat perlu terutama jelang dimulainya musim tanam .

” Terkait kearipan lokal , sudah diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 103 tahun 2020   pembukaan lahan dengan membakar lahan  diperbolehkan seluas 2 ha namun ada syarat – syaratnya  ” jelasnya.

Pembukaan lahan oleh peladang berdasarkan Pergub 103/2020  dirincikannya diperbolehkan sesuai ketentuan di peraturan tersebut dan harus dipenuhi dan dijalankan oleh pihak – pihak terkait .

” Syarat – syarat itu seperti peladang harus menyiapkan alat pemadam , menyampaikan rencana lokasi pembukaan lahan kepada perangkat desa  serta syarat lainnya ” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut diharapkan saat pembukaan lahan tidak ada kesalahan saat pelaksanaan . Kepada perangkat desa diharapkannya untuk bisa mensosialisasikan kepada warga desa (jr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.