Terbit : 23 Oktober, 2019 - Jam : 22:46

Kapolres Karo Irup Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2019

Loading...

Karo – Polres Tanah Karo menggelar razia lalu lintas bersandikan Operasi Zebra Toba 2019 yang dimulai, Rabu (23/10/2019).

Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny Remus Hutajulu, SIK, MH mengatakan permasalahan dibidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan.

“Keselamatan memang suatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernisasi,” ujarnya dalam apel gelar pasukan persiapan Operasi Zebra Toba 2019, di halaman Mapolres Karo Jalan Veteran Kabanjahe Rabu (23/10/2019).

Hal ini sambungnya lagi, sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk memerlukan alat transportasi sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Dikatakannya, perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman atau cukup menggunakan handphone.

Adapun jenis pelanggaran yang menjadi sasaran polisi dalam operasi ini ada 12 jenis diantaranya ;
1. Pengendara yang tidak memiliki SIM
2. Kendaraan yang tidak dilengkapi STNK
3. Melawan arus lalu lintas
4. Tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara motor
5. Mengemudikan mobil tidak dengan menggunakan sabuk pengaman
6. Menggunakan HP saat mengemudi
7. Berkendara di bawah umur
8. Berkendara sepeda motor berboncengan lebih dari 2 orang
9. Kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan
10. Kendaraan yang tidak dilengkapi perlengkapan standar
11. Berkendara di bawah pengaruh alkohol
12. Kendaraan bermotor yang memasang sirine atau rotator.

“Pada prinsipnya, setiap pelanggaran lalu lintas terutama yang membahayakan keselamatan pengendara akan kita tindak,” ujarnya.
Tujuan dilaksanakannya operasi ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas. Di samping itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polres Tanah Karo.

“Untuk target operasi ada 12 jenis pelanggaran, namun ada 3 target skala prioritas yakni pelanggaran tidak memiliki SIM, tidak dilengkapi STNK dan memawan arus,”tegasnya.

Sementara Operasi Zebra Toba 2019 diketahui digelar serentak mulai hari ini (Rabu 23/10/2019) hingga 14 hari ke depan. Bertindak sebagai Komandan upacara Kanit Turjawali Lantas Polres Karo, Ipda Edi Erwanto. (Anita)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.