Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Kaliwadas Pemalang Sungaiku Sungaimu Sungai Kita, Puluhan Ribu Nila-Nilem Ditebar

Pemalang – Ribuan benih nila dan nilem/melem (osteochilus vittatus) bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng, disalurkan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Perikanan, ditebar di Bendung Kaliwadas, Dusun Kaliwadas Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh. Kamis (14/3/2019).

Tampak melepas benih, Prio dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi, Suyono, SH.Mp, Kabid Pengelolaan dan Penangkapan Ikan Pemalang, Adi Sumitro (dua dari kiri) Kasi Pemerintahan Desa Jatiroyom dan Serma Wahidin anggota Koramil 06 Bodeh Kodim 0711 Pemalang yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler 104 Kodim 0711 Pemalang. Penebaran juga dilakukan oleh tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda.

Diketahui, Desa Jatiroyom mendapat bantuan benih ikan sebanyak 20.000 (dua puluh ribu) ekor sebagai langkah konservasi dalam menjaga ekosistem ikan di wilayah perairan Jatiroyom khususnya Saluran Irigasi Kali Genteng. Upaya ini juga merupakan wujud dukungan Dinas Perikanan Kabupaten dalam membangun total Jatiroyom melalui aspek Non Fisik TMMD.

Diungkapkan Prio, “Kami mengajak masyarakat untuk menjaga benih ini tumbuh besar. Jangan gunakan setrum atau racun untuk mengambil ikan. Dengan begitu masyarakat bisa memancing bersama di sepanjang sungai,” ajaknya agar masyarakat juga lebih sadar menjaga kebersihan DAS dari sampah.

Benih ikan sebelumnya diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah Desa melalui Ketua Karang Taruna, Koko Widiyanto (36) dengan disaksikan Danramil 06 Bodeh Kodim 0711 Pemalang, Kapten Inf. Teguh Wibowo serta masyarakat pasca Sosialisasi Pembinaan Pengelolaan dan Pemulihan Sumber Daya Ikan di kantor desa. (Aan Pendim Pemalang).

Rekomendasi
Comments
Loading...