Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Kakus dan Septic Tank Menjadi Over Prestasi Fisik Kedua TMMD Reguler Brebes

Loading...

Brebes – Pembuatan 1 unit WC (Water Closet) di rumah Raad (66), salah satu warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, merupakan sasaran over prestasi kedua di pelaksanaan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Kalinusu.

Itu dilakukan karena kurang sehatnya sarana sanitasi pemilik rumah yang sudah berusia lanjut dan sakit-sakitan tersebut.

Dibenarkan Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, bahwa Mbah Raad merupakan satu dari lima penerima rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) program TMMD Reguler senilai Rp. 10 juta, yang dibangunkan kakus atau closet.

“Selain kakus, rumah Mbah Raad juga kita bangunkan septic tank karena sarana untuk buang air besarnya kurang memadai sehingga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan apabila dibiarkan,” ungkapnya, Senin (28/9/2020).

Menurutnya, upaya itu sebagai bentuk respek dari situasi dan kondisi pekerjaan rehab rumah di lapangan.

“Ada hal yang sekiranya kurang pas di masyarakat, kita mencoba memberikan solusi terbaik sehingga harapannya program TMMD benar-benar membantu di berbagai aspek masyarakat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, over prestasi pertama TMMD Reguler Brebes adalah membangun sarana MCK semi permanen di Lapangan Sepakbola Desa Kalinusu, yang dilengkapi 4 kakus dan 1 kamar mandi.

Untuk saat ini sementara digunakan oleh anggota Satgas TMMD yang dipusatkan tinggal di tenda-tenda pleton di lapangan tersebut. Sementara pasca TMMD, sarana ini dapat digunakan oleh masyarakat setempat sebagai fasilitas MCK umum. (Rus/Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.