Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Kadinkes OKU Selatan : Jangan Bosan Gunakan Masker Dengan Benar

Loading...

OKU Selatan – Nusantara Terkini.com- Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dr. Meri Astuti., M.M, kembali mengingatkan kepada semua masyarakat untuk tetap disiplin dalam memakai masker, jaga jarak dan melakukan social distancing untuk memutus mata rantai Covid-19.

Terutama dalam menggunakan masker, karena masih banyak masyarakat yang enggan atau lupa untuk menggunakan masker, terutama di lingkungan pasar maupun lingkungan publik lainya masih ada yang tidak menggunakan masker baik itu penjual maupun pembeli.

“ Untuk itu, dihimbau kepada masyarakat agar tetap memakai masker terutama memakai dengan benar. Ada yang membawa masker tapi tidak memakai maskernya (maskernya tidak dipakai), bahkan ada yang memakai masker hanya mulutnya saja yang ditutup tidak sekalian hidungnya, ” ujar Meri Senin (10/08)2020).

Karena pintu masuknya, virus tersebut melalui hidung dan mulut melalui makanan yang tercemar atau terkontaminasi lewat tangan, manakala tidak mencuci tangan pada saat makan, maka akan dengan mudah virus masuk kedalam mulut.Sehinggga, penularan virus tersebut akan lebih mudah menyerang bagian saluran pernapasan.

” Maka dari itu, dihimbau kepada masyarakat agar tetap memakai masker terutama pada saat keluar rumah. Jadi keluar rumah tidak ada syarat lain hanya memakai masker dengan benar demi kebaikan bersama,” ucapnya.

Pada waktu memakai masker, yang paling penting menutup hidung. Gunakan masker, secara benar dan tidak menurunkannya ke dagu, jika memakai masker mulut yang di masker namun hidung tidak di masker itu percuma saja. Menurunkan masker ke dagu justru dapat mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin menempel di dagu.

Jika memang terpaksa melepas masker seperti saat akan makan, atau berbicara di sebuah forum, hendaknya masker benar-benar dilepas dan bukan menurunkannya ke dagu. Meski masker dilepas tetap harus dijaga bagian dalamnya agar tidak tercemar penyakit.

” Karena droplet, atau kuman penyakit yang ada di luar yang mungkin nempel di dagu akan pindah ke bagian dalam dari masker kita,” jelasnya.(Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.