Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Kabupaten Jayapura Diguncang Gempa Tektonik, Ini Pernyataan BMKG

NusantaraTerkini.Com, Papua – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Jayapura, Senin (11/2/2019) sore.

Dalam keterangan resminya Kepal BMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, S.IP, M.Si mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 17:16:40 WIT dengan kekuatan M=4.1 SR.

Berikut rilis resmi BMKG Wilayah V Jayapura yang diterima NusantaraTerkini.Com,Senin (11/2) malam.

“Pusat gempabumi terletak pada koordinat 2.62 LS-140.45 BT, tepatnya di darat pada 8 Km Barat Daya Kabupaten Jayapura-PAPUA dengan kedalaman 7 Km.

Dari laporan masyarakat, dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan dalam skala II MMI di Sentani, di Genyem II MMI, dan Jayapura II MMI.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kabupaten Jayapura. Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Hingga pukul 17:40 WIT, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).”

Jayapura, 11 Februari 2019
Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura.

Petrus Demon Sili, S.IP, M.Si

(Fai/rilis BMKG)

Rekomendasi
Comments
Loading...