Kabid PPW PWI Pusat: Media Harus Mencerdaskan Masyarakat

NusantaraTerkini.Com,  Semakin banyaknya media di Provinsi Bengkulu, baik media cetak, elektronik maupun online, Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan (PPW) PWI Pusat, Marah Sakti Siregar mengatakan, harusnya media dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan memberikan, menyampaikan informasi yang akurat, berimbang dan mencerdaskan kepada khalayak, Kamis (12/4/18).

” Jadi fungsi pers itu, mendidik, menyampaikan informasi, melakukan pengawasan sosial, dan memberikan hiburan, jadi fungsi itu yang harus diberikan kemasyarakat, kalau itu memang dijalankan pasti media online bisa bersaing, namun media online yang tidak menjalankan itu Masyarakatnya tidak akan menyukai itu,” kata Marah Sakti.

Ditambahkan Mara Sakti,  setiap wartawan harus mempunyai kemampuan dan etika dalam mencari berita dan paham dengan kode etik jurnalistik serta harus bekerja dengan orientasi publik, bisa dibidang ekonomi, politik,seni dan kebudayaan.

” jadi anda fokus untuk memiliki publik mana yang anda pilih supaya dengan demikian kalian memiliki komunitas atau pembaca tersendiri,” sambungnya.

Disisi lain dia menuturkan, media atau pers adalah alat publik untuk mencerdaskan dan untuk memberikan informasi yang layak diketahui publik, bukan alat untuk mencari uang saja.

” nah, untuk segi kompetensi wartawannya juga harus terus mengasah dirinya dan belajar untuk menerapkan kaidah-kaidah dan norma-norma yang ada dalam jurnalis itu sendiri seperti lakukan teknik investigasi, kalau mau menulis,lakukan perencanaan, riset, observasi baru wawancara,” tandasnya. (dk)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.