Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Jubir Covid-19 Majalengka Ungkap Alasan Belum Berlakukan PSBB

Loading...

MAJALENGKA – Juru bicara (Jubir) penanggulangan Covid-19 Majalengka, H Alimudin mengungkap bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait pendemi COVID-19 untuk Kabupaten Majalengka hingga dengan saat ini belum diberlakukan.

“Pemberlakuan itu tidak terjadi diantaranya Kabupaten Majalengka karena tidak memenuhui kriteria yang telah ditentukan, berbeda dengan daerah di tanah air telah direstui oleh Menteri Kesehatan RI hingga menerapkan kebijakan tersebut,” katanya, Rabu (15/04/2020).

Ali menjelaskan, ada beberapa kriteria yang harus terpenuhui jika suatu daerah ditetapkan PSBB dan lebih jelasnya teknisnya diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo.

“Kemudian, dituangkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, ditandatangani Menteri Kesehatan RI Terawan Agus,” ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa salah satu kriterianya seperti terjadi jumlah kasus atau jumlah kematian akibat penyakit Covid-19 meningkat dan menyebar secara signifikan. Biasanya ada kaitan epidemilogis penyakit serta faktor tingkat populasi kejadian serupa di wilayah atau negara lain.

“Itu alasan kenapa Majalengka tidak masuk PSBB, karena tadi. Melihat dari Jumlah kasus maupun angka kematian masih minim dan penyebarannya tidak signifikan ke beberapa wilayah dan tidak ada kejadian epidemiologis dengan wilayah lain,” jelasnya.

Ali menambahkan, dalam penerapan PSBB itu harus betul-betul matang dan konsekwensinya luar biasa juga tidak mudah dalam penerapannya.

“Tdak semua daerah diperbolehkan menerapkan kebijakan itu tanpa seizin pemerintah pusat dalam hal ini Menkes RI, yang paling penting bagaimana kita semua bersatu padu mencegahnya,” tegasnya. (GW)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.