Terbit : 18 Juni, 2019 - Jam : 13:43

Jembatan Nipah Panjang II Nyaris Ambruk, Warga Minta Perhatian Pemerintah

Loading...

Tanjung Jabung Timur – Kondisi jembatan ini sangat memprihatinkan, jembatan yang terbuat dari kayu ini terlihat mengalami kerusakan. Jembatan itu berada di Kelurahan Nipah Panjang ll Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi.

Jembatan tersebut tampak tidak layak untuk dilalui oleh masyarakat setempat, dikarenakan telah banyak yang patah dan lapuk sehingga sulit untuk dilalui warga.

Jembatan dengan lebar 2 meter dan panjang 46 meter tersebut terletak di RT 003 RW 006 Kelurahan Nipah Panjang ll dinilai sangat tidak layak untuk dilalui oleh warga.

Hal tersebut disampaikan Ketua RT 003, Syamsudin, kepada nusantaraterkini.com, Selasa (18/6) dirinya mengatakan, jembatan yang dibangun menggunakan dana tanggap darurat tahun 2018 ini sudah sangat memprihatinkan sekali.

“Pasalnya, jembatan yang terbuat dari kayu tersebut baru 1,5 tahun dibangun akan tetapi kondisi jembatan tersebut sudah tak layak untuk dipergunakan, tampak terlihat banyak yang lapuk dikarenakan material kayunya memakai kayu yang tidak tahan karena memakai kayu lempung,” ujarnya.

Tambah Syamsudin, jika berlarut-larut dibiarkan, jembatan tersebut bisa mengakibatkan ambrol dibeberapa bagian. Dikhawatirkan akan mengancam keselamatan pengguna jembatan yang melintas, karena jembatan tersebut akses vital satu-satunya bagi warga setempat untuk melintas.

“Untungnya salah satu warga disini ada memiliki papan, jadi dengan papan itu kami tambal agar jembatan bisa untuk dilewati. Tapi itu tidak bisa bertahan lama. Saya sebagai Ketua RT 03/06 berharap pada pemerintah agar bisa memperhatikan jembatan kami. Kalau bisa tolong dibangun yang lebih baik lagi,” pintanya.

Hal serupa disampaikan oleh salah satu warga setempat yang enggan namanya disebut, dia mengharapkan adanya perhatian dari Pemerintah setempat untuk dapat memperbaiki jembatan kayu yang pernah dibangun dari dana tanggap darurat itu.

Sebagai warga, kata dia tentunya mengharapkan Pemerintah Daerah untuk memperhatian hal-hal seperti ini.

“Ya, kami tentunya sangat mengharapkan adanya perbaikan jembatan tersebut oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Menanggapi hal ini Camat Nipah Panjang, Kamaruddin saat dikonfirmasi melalui WhatsApp mengatakan, akan mengecek terlebih dahulu kondisi jembatan tersebut.

“Nanti saya cek dulu, kita ambil dokumentasinya baru lapor kadis PUPR untuk tanggap darurat,” pungkas Camat Kamarudin. (Supriyono)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.