Jelang Bulan Puasa dan Lebaran, Disperindag Gelar Operasi Pasar

NusantaraTerkini.Com, – Menjelang Bulan Puasa dan Lebaran Tahun 2018, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Rapat koordinasi stabilitas harga dan stok/pasokan barang kebutuhan pokok, Kamis (19/04/18).

Sebab, disampaikan Kepala Dinas Perindag Provinsi Bengkulu, Lierwan, saat puasa dan lebaran tingkat inflasi di Provinsi Bengkulu mencapai puncak tertinggi. Sebagai bentuk antisipasi, Pemprov Bengkulu bersama pihak Disperindag melakukan kunjungan ke pasar-pasar yang ada di Kota Bengkulu,

“Untuk mengantisipasi kelonjakan harga dalam Bulan Ramadhan dan Lebaran, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Disperindag Bengkulu tadi pagi melakukan kunjungan ke Pasar Panorama dan Pasar Minggu, kemudian Insyaallah Mengadakan 10 titik pasar murah di seluruh Kabupaten/ Kota se Provinsi Bengkulu, telah disepakati dalam H -7. Selanjutnya menginformasikan kepada seluruh pasar modern serta distributor bahan pokok serta kepada pelaku usaha untuk menetapkan harga sesuai dengan standar harga yang ditetapkan oleh Pemerintah,” jelas Lierwan.

Disisi lain, Assisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Bengkulu, Yuliswani mengatakan, dengan diadakannya operasi pasar pada Bulan Puasa dan Lebaran, untuk mengawasi pedagang yang kerap menyimpan stok dan menaikan harga. Nantinya jika kedapatan, pedagang tersebut akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah.

“Pertama kita berharap bahwa seluruh barang – barang yang dibutuhkan masyarakat itu terjaga stoknya pada saat Bulan Puasa dan Lebaran, kenapa kita harus menjaga stok keamaan itu, karena kalau tidak terjaga keamaan stoknya akan ada permainan sehingga dapat mengakibatkan harga – harga naik di pasaran,” kata Yuliswani.

“Diadakannya pasar murah dan operasi pasar dengan tujuan untuk menekan bahwa Pemerintah sudah siap jika pedagang menaikkan harga dan menyimpan barang kami akan keluarkan. Kalau pasar murah untuk membantu masyarakat secara ekonominya kurang sehingga mereka bisa membeli barang – barang relatif lebih murah,” lanjutnya.

Terpisah, Tim TPID akan bekerja dan memantau stok yang ada di setiap Distributor. Biasanya, pada saat memasuki Bulan seperti ini, distributor akan menambah stok beberapa persen untuk menjaga agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi.

Pemerintah Provinsi Bengkulu terus berusaha dan berjuang mencari cara agar ketersediaan pasokan barang – barang sesuai kebutuhan dari masyarakat bisa terpenuhi sesuai kebutuhan masing – masing.

Serta Pemerintah Provinsi juga berharap kepada distributor agar bisa bekerjasama untuk penyediaan seluruh bahan pokok masyarakat dan untuk tetap membuat harga stabil pada Bulan Puasa dan Lebaran. (Nindri/Cw2)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.