Jando Berias Paling Favorit Di Festival Bumi Rafflesia

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu – Dalam Festival Bumi Rafflesia yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, dihadirkan berbagai macam kue tradisional khas Bengkulu.

Anjungan festival kopi dan kuliner Bengkulu di event Festival Bumi Rafflesia ini menyajikan kue- kue bersejarah di antaranya yaitu Kue Pedeh, Lupis, Mitae, Jando Berias, Apam Detar, Lokan- lokan, Oncong- oncong.

Sry Lestary Thawab yang akrab dipanggil mama Kiky ini biasa membuat dan menjualkan berbagai macam kuliner khas Bengkulu terlebih pada kue tradisional.

Dikatakan bahwa disajikannya kue dalam event festival ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa mengingat kembali bahwa Bengkulu memiliki banyak macam kue yang bersejarah.

“Kita menyajikan kue- kue khas Bengkulu dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyakat Bengkulu bahwa menikmati bukan cuma sekedar menikmati melainkan akan mengingat kue bersejarah milik Bengkulu,” ungkap mama Kiky.

Salah satu kue favorit pengunjung adalah Jando Berias dengan bahan dasar pisang juga merupakan kue yang bisa mengingatkan dengan para nenek moyang.

“Seperti Jando Berias yang bahan dasarnya dari pisang itu menunjukkan bahwa pisang bisa diolah dengan berbagai macam cara dan itu bisa mengingatkan kita kepada nenek moyang kita terdahulu,” ujarnya.

Sementara, untuk bisa mencicipi kue khas Bengkulu tersebut tidak dengan dibeli secara langsung, melainkan harus menukarkan kupon setelah membeli kopi dari stand sebelah. Jadi bagi pengunjung yang ingin merasakan kenikmatan pada kue itu harus membeli kopi terlebih dulu.

Festival yang digelar sejak tanggal 19 – 23 Juli ini miliki berbagai macam festival, seperti festival kopi, festival kuliner, kompetisi seni lukis, pergelaran seni budaya, kampung besurek, dan Bengkulu etnis music, serta stand- stand lainnya.

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.