Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Jalan TMMD Reguler Brebes Sudah Tembus Kedung Kandri, Akan Garap Sawah Sendiri

Loading...

Brebes – Adalah Farhanah (50), salah satu warga Dusun Kutagaluh RT. 04 RW. 02, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga menyatakan terfasilitasi jalan baru hasil TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yang membentang di areal persawahan dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, Kalinusu.

Penjual sayur dan lauk siap saji yang sejatinya adalah petani yang mempunyai lahan sawah cukup luas di wilayah Dusun Kedung Kandri yang dulu terisolasi puluhan tahun dari desanya Kalinusu itu menuturkan, kondisi untuk mengakses ke sawahnya, sebelum adanya jalan TMMD sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu.

“Dulu saya dan suami lebih memilih sistem ijon atau bagi hasil dari tanah sawah kami yang ada di wilayah Dusun Kedung Kandri, yang digarap warga disana,” bebernya, Sabtu (3/10/2020).

Namun kini suaminya bisa menggarap sawahnya sendiri karena ada jalan baru yang benar-benar lebar itu jelas memangkas biaya produksi, karena kini sangat mudah membawa hasil panen menggunakan kendaraan baik motor maupun mobil.

Untuk itulah dirinya juga menyatakan terima kasihnya kepada Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE.MH, dan kepada Dandim Brebes/Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, atas Jalan Usaha Tani (JUT) bagi para petani di desanya yang memiliki lahan sawah di sekitar jalan TMMD.

Perlu diketahui, sebelum ada jalan TMMD, para petani atau tukang pikul hasil panen harus melewati jalan setapak dan pematang sawah untuk sampai ke Dusun Kedung Kandri. Tak hanya itu, mereka juga harus melewati 4 sungai kecil yang saat ini sudah selesai dibangun 4 jembatan kecil melalui TMMD Reguler, yaitu 3 plat duiker dan sebuah gorong-gorong.

Sementara untuk ongkos buruh pikul, rata-rata adalah Rp. 50 ribu per karung sekali jalan dan tergantung jarak. (Dar/Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.