Jalan TMMD Reguler Brebes Rampung, Jualan Mie Ayam Keliling Sampai ke Kedung Kandri

Brebes – Salah satu warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang sudah merasa terbantu dengan hasil pembangunan jalan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, adalah Usro (51), pedagang mie ayam keliling.

“Saya sangat terbantu dengan jalan TMMD itu, jualan mie ayam kelilingan menjadi lancar, terlebih saat ini saya bisa berjualan sampai ke Dusun Kedung Kandri,” ungkapnya, Sabtu (24/10/2020).

Meski tidak tinggal di Kedung Kandri, Usro bisa merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh warga tersebut, menyusul jalan yang telah dibangun sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri, bener-benar mengentaskan keterisoliran warga disana selama puluhan tahun.

“Kini warga di Kedung Kandri itu, tidak akan lagi harus naik perahu jika ingin mendapatkan segala fasilitas umum, atau untuk ke kota,” sambunganya.

Menurutnya, semua warga yang ada di Kedung Kandri tidak pernah mengira jika akses jalan yang dibangun melalui TMMD itu benar-benar tembus ke dusunnya. Pasalnya, RAB Pemkab hanya 1.670 meter dengan lebar 4 meter saja.

Terpisah, Kades Kalinusu, Wasid (44), menyatakan bahwa dengan selesainya akses jalan di desanya melalui TMMD itu, dipastikan segera meningkatkan kesejahteraan seluruh warganya dan khususnya Dusun Kedung Kandri.

Kini dengan adanya akses jalan tersebut, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desanya Kalinusu. Mereka bisa langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor.

Oleh kerana itu, besar harapannya agar anak-anak Kedung Kandri lebih bersemangat melanjutkan sekolah minimal lulus sampai ke bangku SLTA sederajat, dengan fasilitas sekolah yang ada di wilayah Desa Kaliwadas, Desa Bumiayu, dan juga di Kota Kecamatan Bumiayu.

“Untuk itulah saya selaku pimpinan warga masyarakat Kalinusu, mengucapkan terima kasih kepada Pemda, TNI, serta seluruh pihak yang telah mewujudkan harapan masyarakat kami untuk memiliki akses Jalan Usaha Tani (JUT) yang memadai dan juga harapan seluruh warga Kedung Kandri untuk memiliki jalan pendekat ke desa,” ucapnya mengapresiasi. (Dar/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.