Jalan Makadam TMMD Tegal Jadi, Penduduk Sigerung Jatimulya Tak Kesulitan Angkut Air

Tegal – Pekerjaan pengerasan jalan pertanian atau Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sepanjang 1,6 kilometer dan lebar 3 meter, melanjutkan progres sebelumnya yaitu 13 %, Senin (15/7/2019).

Jalan ini nantinya akan dirasakan juga oleh banyak masyarakat desa tetangga Jatimulya yaitu Harjasari dan Karangmulya khususnya dukuh Randu, serta Desa Purwahamba dan Jatibogor.

Bagi Rokhim (54) khususnya, tukang becak asal Dukuh Sigerung RT/RW. 01 ini, kesehariannya adalah mengambil air bersih keperluan rumah tangga yang berjarak kurang lebih 150 meter dari ujung dukuhnya (SDN 03 Jatimulya).

“Jika jalan sudah diperkeras nanti Pak Aan, tentu becak saya akan mudah melewatinya saat mau ambil air ke belik (sumber mata air – red),” ucapnya kepada Serma Aan Setyawan, anggota jurnalistik TMMD Reguler 105 Tegal.

Dikatakannya juga, nantinya para petani juga akan lebih mudah dalam mengangkut hasil panen, baik menggunakan sepeda kayuh, becak ataupun sepeda motor. Disamping itu, jika memakai jasa mobil pengangkut (pick up), tentu ongkosnya akan lebih murah karena akses mudah dilewati.

Pembangunan infrastruktur tersebut melalui TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, diyakini Rokhim juga akan memudahkan bagi para pencari rumput untuk pakan ternak, walaupun masih dalam tahap pengerjaan.

Tampak gambar, Wastiah (32) daster orange, ibu rumah tangga RT. 02 RW. 08 Dukuh Sigerung, bersama-sama ibu-ibu lainnya, memanfaatkan sumber mata air umum yang tak pernah kering walaupun musim kemarau seperti saat ini untuk mencuci dan mandi. (Aan).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.