Terbit : 7 November, 2019 - Jam : 16:29

Jalan Lingkar di Kecamatan Tebing Tinggi Hanya Sebatas Land Clearing

Loading...

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang bekerjasama dengan TNI-AD telah melaksanakan pembukaan jalan penghubung antara kawasan simpang tiga Jalan lingkar Kecamatan Tebing Tinggi, tepatnya samping rumah dinas Sekda Empat Lawang dengan Jalan lintas tengah Sumatera (Jalintengsum) kawasan Kampung Tanjakan, Desa Mekarti Jaya (3B) Tebing Tinggi.

Saat ini proses land clearing atau perataaan tanah jalan itu sudah hampir atau boleh dikatakan sudah 100 persen rampung. Dalam artian, sudah tembus dari titik nol di Kampung Tanjakan sampai ke samping rumah sekda.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Empat Lawang, Syarkowi Rasyid melalui Kabid Bina Marga, H Eri Apariansyah mengatakan, pada tahun anggaran 2019 ini, pelaksanaan pembangunan jalan tersebut hanya sebatas land clearing. Pelaksanaan lanjutannya akan dilakukan pada tahun-tahun berikutnya hingga jalan tersebut siap digunakan.

“Kerjasama kita dengan TNI untuk pembukaan jalan itu hanya sebatas land clearing. Untuk pengerasan akan dilaksanakan pada tahun anggaran berikutnya,” Kata Eri di Tebing Tinggi, Kamis (7/11/2019).

Masih kata Eri, Panjang pembukaan jalan ini 3,9 kilometer (KM) dengan rata-rata lebarnya 20 meter Hanya di dekat rumah dinas Sekda Empat Lawang saja yang lebarnya 15 meter.
“Di titik itu tidak bisa dilebarkan lagi karena hibah lahannya yang diberikan masyarakat hanya 15 meter saja, tapi rata-rata 20 meter semua,” Ungkapnya.

Rencana pembangunan jalan tersebut sudah cukup lama, Namun baru terealisasi pasa tahun anggaran 2019 ini.

“Kami berharap nantinya jika jalan ini sudah selesai dan siap dilalui kendaraan, Dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi pemicu kemajuan dari ini kedepan,” harapnya.

Lanjut Eri, dari pantauan pihaknya pada jalan itu, masih ada tiga titik lagi yang mesti dilandaikan, karena masih memiliki kemiringan yang cukup ekstrim. “Selebih itu tidak ada lagi, sudah oke semua,” ujarnya.

Apakah ada kendala dalam proses pembukaan jalan itu?, Eri menjawab secara umum semuahya berjalan seperti yang diharapkan. “Ya memang benar sempat ada masalah di lokasi titik nol, ada klaim lahan, tapi sudah selesai masalahnya karena surat hibah lahannya pertama saat awal perintisan itu ada,” jelasnya.

Sementara itu, Danramil 0405-01 Tebing Tinggi, Kapten (Inf) Mulyadi mengatakan, proyek tersebut adalah salah satu proyek dari program karya bakti TNI di Kabupaten Empat Lawang.

“Dalam hal ini kita hanya membantu pemerintah dalam proses pembukaan jalan itu,” tukasnya.

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.