Iskandar Zo : Pembangunan Berbasis Informasi Satelit

NusantaraTerkini.Com, BENGKULU – Pemerintahan Provinsi Bengkulu, selasa pagi (24/05/2016) di ruang Bapeda mengadakan sosialiasi dan penandatanganan MOU antara lembaga penerbangan dan antariksa nasional (LAPAN) dengan pemprov Bengkulu tentang pemaparan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa untuk mendukung program pembangunan provinsi Bengkulu.

Dalam penandatanganan MOU ini, dihadiri langsung oleh kepala LAPAN Thomas Djamaluddin dan plt sekda Sumardi.

Dalam paparannya kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menyampaikan, sebelumnya pemprov dan lapan sudah berkerjasama dan pada hari ini diperbarui. Untuk mempertajam kerjasama dengan topik-topik yang baru.

Tujuan penandatangan MOU, sebagai payung kerjasama lapan dengan 34 provinsi di Indonesia, dan pada hari ini penandatanganan dengan pemprov Bengkulu.

“Setelah penandatanganan ini kabupaten/kota atau SKPD di Bengkulu akan melanjutkan diskusi kerjasama tentang teknis, jadi nanti tentu saja dinas terkait. Nanti data dari lapan di berikan ke Bapeda provinsi. Kemudian kabupaten/kota tinggal mengambil di Bapeda provinsi” papar kepala lapan.

“Informasi yang bisa dimanfaatkan di daerah tidak sekedar dari satelit Lapan tetapi juga data dari satelit kerjasama internasional bisa diberikan. Lapan mempunyai data-data satelit dari kerjasama internasional, selain dari lapan sendiri. Jadi intinya lapan bisa memberikan data-data citra satelit ke daerah baik diperoleh dari satelit Lapan maupun satelit kerjasama internasional” jelasnya.

unnamed (10)

Dalam kesempatan ini asisten II Iskandar ZO mengatakan dalam penandatanganan MOU, banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh pemprov Bengkulu.

“Banyak sekali manfaat yang didapat pemerintah provinsi Bengkulu, atas kerjasama dengan lapan, terutama di sektor pertanian dan perikanan, informasi dari satelit akan kita jadikan basis informasi untuk mengambil kebijakan, kita butuh terobosan pembangunan” kata asisten II. (NU003)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.