iPad Pro, Solusi Efektif Pekerja Profesional untuk Hasil Kerja yang Maksimal

iPad Pro adalah salah satu produk keluaran Apple berkualitas premium yang lengkap dengan beragam fitur menarik. Perusahaan elektronik raksasa satu ini memang hampir selalu merilis produk-produk elektronik unggulan yang mampu mempermudah pekerjaan manusia. iPad Pro sendiri telah dirilis sejak Maret 2020 dan telah dijual secara resmi di Indonesia pada Juni 2020.

Menggunakan iPad ternyata sangat menguntungkan apalagi untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Hal ini dikarenakan secara fungsi iPad mirip dengan laptop, namun spesifikasinya lebih mirip smartphone. Nah, jika Anda adalah salah satu penggemar iPad dan berencana untuk mengganti iPad lama dengan iPad Pro 2020 ini, yuk simak dulu spesifikasinya di bawah ini.

  1. Desain

Sebenarnya jika berbicara tentang desainnya, tidak banyak yang berubah dari iPad Pro satu ini selain di bagian kameranya yang mengusung desain seperti kamera di iPhone 11. iPad ini tersedia dalam dua varian ukuran layar yaitu 11 inch dan 12,9 inch dengan jenis layar Liquid Retina edge to edge. Jenis layar iPad Pro ini di gadang-gadang menjadi layar tercanggih di dunia seluler yang juga sudah mendukung warna P3 yang membuat tampilan warna pada foto, video, bahkan game menjadi lebih jernih dan akurat.

Bagi Anda yang berencana menggunakan iPad Pro ini, tak perlu khawatir akan mengalami tampilan layar lag lagi karena layarnya sendiri sudah memiliki refresh rate 120 Hz. Selain itu, True Tone yang ada di iPad Pro ini membuat kombinasi warnanya bisa berubah secara otomatis mengikuti pencahayaan yang ada di sekitarnya. Anda pun tak perlu bingung saat menggunakannya di luar ruangan karena iPad Pro ini sudah mendukung high brightness dan lapisan anti-reflektif yang membuatnya tetap jelas walaupun digunakan di luar ruangan.

Layar dengan kecerahan 600 nits ini juga memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap goresan dan bekas sidik jari. Nah, tablet yang tersedia dalam 2 varian warna yaitu Space Gray dan Silver ini memiliki ukuran dimensi 280.6 x 214.9 x 5.9 mm serta bobot mencapai 471 gram. Dengan ukurannya yang cukup tipis serta bobotnya yang ringan ini pastinya Anda tidak akan merasakan sakit punggung lagi karena membawa laptop saat bepergian.

  1. Fitur

iPad Pro ini membawa teknologi canggih yang belum pernah ada dalam komputasi mobile. Dimana teknologi ini merupakan gabungan mobile display yang kuat dengan kamera dan audio pro, terobosan pemindai LiDAR dan Magic Keyboard baru dengan Trackpad. Dikarenakan iPad Pro ini juga sering digunakan untuk melakukan editing video dengan resolusi tinggi maupun untuk mendesain model 3 dimensi maka dari itu Apple menyematkan chip Apple A12Z Bionic di dalamnya.

Chip satu ini dilengkapi dengan 8-core CPU dan 8-core GPU dan masih ditambah dengan Neutral Engine yang sudah diperbarui dan arsitektur termalnya pun sudah ditingkatkan. Dengan chip Apple A12Z Bionic dengan prosesor bertenagakan 8 inti ini Anda tak perlu khawatir lagi dengan performa tablet ini saat digunakan untuk bermain game. Bahkan, dalam sebuah berita dikatakan bahwa iPad Pro layar 12.9 inch berhasil meraih skor benchmark AnTuTu 8 dengan skor 719.786. Untuk layar yang berukuran 11 inch meraih poin sebesar 706.438.

Fitur lain yang tersedia di iPad ini adalah WiFi 6 gigabit LTE serta fitur keamanan Face ID yang mana proses biometriknya aman, akurat dan cepat. Nah, untuk media penyimpanannya tersedia 4 pilihan mulai dari 128GB, 256GB, 512GB, hingga 1 TB dan didukung dengan kapasitas RAM mencapai 6GB. Kualitas speaker dan microphone iPad Pro yang menggunakan sistem operasi iPad OS 13.4 ini juga tidak perlu diragukan lagi karena berkat mic-nya yang berkualitas tinggi ini suara Anda akan terdengar dengan jelas dan background noise-nya juga sangat minim.

5 mikrofon yang dipasang pada iPad Pro ini di gadang-gadang setara dengan mikrofon studio sehingga cocok untuk digunakan pada pembuatan film, podcast maupun konten lainnya. Selain itu, jika Anda ingin melakukan karaoke menggunakan aplikasi, suara Anda akan terdengar seperti rekaman studio tanpa harus menggunakan microphone eksternal. Di samping kualitas microphone-nya yang bagus, kualitas speaker-nya pun tidak mau kalah. iPad Pro ini dilengkapi dengan empat buah speaker yang membuat hasil suaranya lebih spatial dan pastinya menggelegar.

  1. Kamera

Untuk bagian kameranya, iPad Pro ini memiliki kamera berukuran 12MP yang mampu merekam hingga resolusi 4K dan untuk kamera keduanya berukuran 10MP ultra wide-angle. Selain kamera belakang, iPad ini juga menggunakan kamera depan TrueDepth berukuran 7MP yang bisa digunakan untuk selfie dan juga video call. Kamera iPad Pro ini juga sudah dilengkapi dengan Quad LED dual-tone flash dan HDR. Sementara untuk kamera depannya dilengkapi dengan fitur face detection, HDR, dan panorama.

Nah, di samping dua kamera utama iPad ini tersedia sensor baru yang mana digunakan Google Maps pada mobil Street View untuk merekam peta 3D jalan. Sensor inilah yang dinamakan LiDAR Scanner. Sensor ini mampu mendeteksi jarak objek di sekitarnya hingga jarak lima meter dan sensor ini juga bisa bekerja baik di dalam maupun di luar ruangan. Teknologi LiDAR Scanner yang juga digunakan oleh NASA ini juga membuat Anda memiliki pengalaman AR yang lebih akurat.

  1. Konektivitas dan Baterai

iPad Pro tersedia dalam banyak pilihan warna, kapasitas memori internal, ukuran layar, dan juga koneksi baik yang mendukung Wi-Fi only maupun Wi-Fi dan Seluler. Untuk Wi-Finya memiliki kecepatan maksimal hingga 9.6 Gbps yang pastinya bisa membuat streaming Anda semakin lancar. Jika Anda memiliki bujet lebih sebaiknya pilih iPad Pro Wi-Fi Seluler karena dengan adanya dua pilihan konektivitas ini Anda tak perlu khawatir jika berada di tempat yang tidak terjangkau sinyal Wi-Fi.

Makin lebar ukuran layarnya pasti juga membutuhkan kapasitas baterai yang lebih besar dan untuk iPad Pro ini sudah didukung dengan kapasitas baterai sebesar 9720 mAh yang bisa bertahan hingga 10 jam pemakaian. Untuk pengisian dayanya juga sudah didukung dengan sistem pengisian daya cepat 18 watt serta kemampuan reverse charging.

  1. Harga

Dengan beragam fitur dan teknologi-teknologi canggihnya, harga yang di banderol untuk tablet ini mulai dari 15 jutaan dan yang paling mahal 30 jutaan. Harga yang diberikan untuk tablet ini sesuai dengan jenis konektivitasnya, ukuran layar, serta ukuran media penyimpanannya. Yang pasti makin lengkap fitur dan makin besar ukuran layar serta kapasitas memorinya, maka Anda juga harus mempersiapkan bujet yang lebih besar.

Begini Tips Memilih iPad Sesuai Kebutuhan

Mungkin setelah membaca ulasan di atas Anda tertarik untuk membeli iPad, namun Anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli iPad. Hal ini bertujuan agar iPad yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa membantu pekerjaan Anda agar cepat selesai. Nah, kira-kira hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli iPad? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

  • Pilih model iPad

Layaknya smartphone, iPad juga dirilis dalam beberapa model yang berbeda. Untuk iPad sendiri tersedia dalam beberapa model seperti iPad Pro, New iPad, dan juga iPad Mini. Sebenarnya perbedaan ketiganya tidak terlihat dari segi tampilan dan jika Anda berniat untuk membandingkan ketiganya maka bandingkan spesifikasinya. Spesifikasi yang bisa Anda gunakan untuk perbandingan misalnya prosesor, konektivitas atau resolusi kameranya.

Salah satu yang membedakan antara iPad Pro dengan iPad jenis lainnya adalah desainnya. Desain yang digunakan pada iPad ini serupa dengan iPhone XS yang mana menggunakan bezel tipis dan tanpa notch. Apple juga sudah tidak menggunakan sensor sidik jari dan Touch ID di tablet keluarannya ini dan untuk gantinya menggunakan Face ID.

  • Ukuran layar

Pertimbangan lain yang harus Anda perhatikan saat membeli iPad adalah ukuran layarnya. Bagi Anda yang sering bepergian mungkin bisa memilih iPad dengan layar yang lebih kecil karena lebih mudah digenggam layaknya membawa buku catatan. Namun, untuk kebutuhan sebaiknya pilih iPad dengan layar besar. Nah, bagi Anda yang belum tahu, iPad ini tersedia dalam beberapa ukuran mulai dari iPad mini dengan ukuran layar 7,9 inch, iPad 9,7 inch, dan iPad Pro 10,5 inch dan 12,9 inch.

  • Aksesoris

Terdapat dua aksesori penting untuk iPad yaitu Apple Pencil dan Smart keyboard. Jika Anda menggunakan iPad untuk mencatat atau menggambar, maka Anda bisa memilih Apple Pencil. Sedangkan jika Anda menggunakan iPad untuk menggantikan laptop, maka aksesori yang tepat adalah Smart Keyboard.

Semua tipe iPad baru sudah mendukung penggunaan Apple Pencil generasi pertama yang masih menggunakan konektor Lightning untuk melakukan pengisian daya. Sementara untuk Smart Keyboard, hanya iPad Air dan iPad Pro generasi kedua saja yang bisa terkoneksi karena kedua iPad ini sudah dilengkapi dengan Smart Connector.

  • Konektivitas

Tidak seperti smartphone yang sudah menyediakan konektivitas untuk LTE maupun Wi-Fi, untuk iPad ini tersedia dua pilihan konektivitas yaitu menggunakan Wi-Fi only atau Wi-Fi seluler. Untuk iPad Wi-Fi only artinya Anda hanya bisa terhubung internet melalui Wi-Fi dan tidak ada slot kartu SIM untuk iPad jenis ini. Nah, untuk membedakan antara iPad Wi-Fi only dan Wi-Fi seluler bisa dilakukan dengan cara melihat bagian cover belakang iPad. Untuk iPad Wi-Fi selular memiliki tanda berbentuk persegi panjang dengan warna yang berbeda di bagian belakangnya.

  • Memori internal

Layaknya produk smartphone dari Apple atau biasa disebut iPhone, iPad juga hanya menyediakan memori internal untuk media penyimpanannya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menentukan kira-kira berapa kapasitas memori yang dibutuhkan untuk menampung data-data Anda. Untuk kapasitas memorinya pun tersedia beberapa pilihan mulai dari 32 GB hinga 1 TB.

  • Warna

Terdapat beberapa pilihan warna yang tersedia untuk iPad ini seperti Space Gray, Silver, Rose Gold, dan Gold. Nah, dari pilihan warna yang tersedia ini Anda bisa memilih mana warna iPad yang menjadi favorit Anda.

Ulasan tentang iPad Pro di atas pastinya bisa membantu Anda yang sedang bingung memilih tablet. Pastikan untuk mengikuti tips memilih iPad di atas agar bisa mendapatkan tablet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.