Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Inovasi Babinsa Pekalongan Tumbuhkan Minat Baca Anak Di Tengah Libur Sekolah

Loading...

Pekalongan – Peduli pendidikan anak-anak Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Babinsa Koramil 05 Kesesi, Kodim 0710 Pekalongan, terus berupaya menumbuhkan minat baca anak di tangah libur sekolah terkait kewaspadaan virus corona/covid-19.

Tampak Sertu Suwandi, membawakan surat kabar untuk dibaca oleh Ibnu (8) dan Azhar (6), di samping TK Lestari Pantirejo yang berada satu halaman dengan Kantor Balai Desa. Jumat (17/4/2020).

Anak warga Dukuh Sutosari itu dikenalkan membaca koran khususnya rubrik pariwisata, pendidikan dan teknologi, serta olahraga.

“Kita perlihatkan di media cetak, bahwa desa mereka banyak tayang terkait TMMD Reguler 107 Pekalongan. Ini juga yang membuat mereka sangat antusias mencari gambarnya atau keluarganya barangkali tayang,” ujar Babinsa.

Menurutnya, pesatnya perkembangan teknologi saat ini dari gadget sangat mempengaruhi minat baca anak karena mudahnya mereka mengakses internet. Terlebih mereka diliburkan sangat panjang dari pihak sekolah untuk belajar di rumah, namun kenyataannya banyak bermain.

“Untuk itulah peran orang tua dan lingkungan sekitarnya harus mensupport mereka untuk gemar membaca, sehingga tidak terjerumus dalam game online,” tegasnya.

Ditambahkannya, untuk kasus anak-anak, upaya literasi dengan media gambar sangatlah wajar. Pasalnya, kalau cuma tulisan tanpa gambar, jelas bertentangan dengan usia mereka, yaitu usia bermain.

“Namanya saja anak-anak, pasti yang dicarinya adalah gambar dulu. Namun itu tak masalah asalkan mereka tumbuh minat membaca,” pungkasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.