Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Inilah Pos Kamling Support TMMD Reguler Banyumas di Dukuh Semingkir Petahunan

Loading...

Banyumas – Bangunan Pos Kamling berukuran 3 x 2 meter di Dukuh Semingkir RT. 05 RW. 03, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah berdiri kokoh dua hari setelah berakhir TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas (29/7).

Tampak warga setempat sedang bersantai di bangunan yang terletak di titik 400 meter jalan beton TMMD 1,8 Kilometer, lebar 3,75 meter, dari Jalan Semingkir.

Serka Eko Budi Wiyono, Babinsa Petahunan dari Koramil 15 Pekuncen, Kodim Banyumas menjelaskan, bangunan tersebut mulai dikerjakan sehari sebelum berakhirnya TMMD (28/7), dengan memulai penggalian tanah dan dilanjutkan pemasangan batu pondasi.

“Pekerjaan awal masih dibantu anggota Satgas TMMD, walaupun bangunan itu bukan merupakan sasaran fisik TMMD,” ujarnya, Sabtu (1/8/2020).

Dijelaskannya juga, Satgas TMMD juga menyumbang 9 sak semen, sedangkan untuk pasir dan batu memanfaatkan sisa material pengecoran jalan setebal 20 centimeter yang menuju Obyek Wisata Curug Nangga itu.

“Pos Kamling di Dukuh Semingkir adalah support dari Satgas TMMD, terkait kesadaran pengamanan swakarsa, dan direspon cepat oleh masyarakat setempat,” tandasnya.

Menurutnya, sangat penting memang adanya Pos Ronda di Dukuh Semingkir, di pinggir jalan beton TMMD menuju Curug Nangga. Itu sebagai antisipasi dini terhadap potensi gangguan Kamtibmas dari orang asing yang berkunjung ke Curug Nangga namun ada niat jelek.

“Selain akan menjadi tempat kongkow untuk menjalin keakraban, adanya Pos Kamling juga akan membantu kas pihak dusun melalui penarikan jimpitan,” pungkas Eko.

Kadus I Petahunan, Warsito (55) menyatakan, pihaknya akan segera menyusun jadwal jaga dalam waktu dekat.

“Warga kami juga sudah memasang TV dan dilengkapi dengan DVD dan speaker aktif, termasuk kentongan,” ujarnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.