Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Ini Suasana Posko Covid-19 Desa Pantirejo Pasca TMMD Reguler Pekalongan Rampung

Loading...

Pekalongan – Sejak berakhirnya tugas Kesehatan TNI dari Klinik Pratama-36 Kabupaten Batang, Jawa Tengah, untuk membackup Satgas TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan dan juga melayani masyarakat umum, Posko Covid-19 yang berada di Balai Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, juga tampak sepi.

Tidak hanya para perangkat desa setempat yang merasa sepinya suasana kerja pasca pelaksanaan TMMD, melainkan juga petugas kesehatan yang berjaga di pos tersebut.

“Jauh beda setelah selesainya TMMD Reguler di Pantirejo (14/4). Biasanya kita bekerja bersama petugas kesehatan dari TNI, namun sekarang hanya ditemani piket kesehatan dari perangkat desa yang ditunjuk,” ungkap Sony, petugas medis dari Puskesmas Kesesi 1 yang bertugas di Posko Covid-19. Jumat (17/4/2020).

Menurutnya juga, peran Kesehatan TNI dan Satgas TMMD begitu banyak untuk mengedukasi masyarakat terkait pencegahan virus corona, baik melalui penyuluhan dengan pengeras suara dengan mobil patroli Polsek Kesesi, penyuluhan door to door, pelatihan cara mencuci tangan dan pembuatan hand sanitizer mandiri, menggalakkan bersih-bersih lingkungan, dan juga melakukan penyemprotan-penyemprotan di tempat umum dan pemukiman penduduk.

Sementara untuk pembangunan fisik, terutama pengaspalan jalan sepanjang 2,5 kilometer lebar 3 meter dan terlebih rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sudah dinikmati oleh warga yang rumahnya dulu tidak sehat.

“Jadi tanggapan saya, andai saja TMMD digelar kembali di Desa Pantirejo, tentunya kami semua dengan senang hati menyambutnya. Alasan yang paling masuk akal adalah manfaatnya yang benar-benar besar bagi seluruh lini masyarakat dan anak sekolah,” tandas Sony mengapresiasi.

Terkait dengan Posko Covid-19, meski suasananya tidak, semeriah saat TMMD masih berlangsung, namun tetap saja setiap harinya ada petugas dari Koramil 05 Kesesi, Kodim Pekalongan, yang terlibat. (Rus/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.