Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Ini penampakan Jalan TMMD Reguler Brebes di Dusun Kedung Kandri

Loading...

Brebes – Gambar adalah penampakan jalan di Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, di hari ke-20 pelaksanaan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes.

Dijelaskan Babinsa Kalinusu, Sertu Eko Nuhyoto, bahwa bagi orang yang tidak tahu kondisi awalnya, mungkin tidak mengira kalau jalan itu dulunya hanya setapak dan berupa areal persawahan warga.

“Kini jalan itu telah berubah menjadi jalan selebar 4-6 meter, dengan panjang 2,2 kilometer, yang membentang dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri,” bebernya, Selasa (12/10/2020).

Dijelaskannya lanjut, jalan itu kini telah membebaskan keterisoliran selama ini dari 100 kepala keluarga di Kedung Kandri, dan akan menjadi akses baru untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan pengurusan administrasi ke Balai Desa Kalinusu, serta akses terdekat ke Kota Kecamatan Bumiayu maupun ke Kabupaten Brebes.

“Alhamdulillah semuanya sudah berubah dan semoga bisa membantu warga Desa Kalinusu umumnya dalam beraktivitas pertanian sehari-hari,’’ imbuhnya.

Terpisah Pasiter Kodim Brebes, Kapten Arhanud Nediono menjelaskan, di TMMD Kalinusu yang berlangsung selama sebulan penuh itu, sasaran utamanya adalah membuka dan membangun jalan tersebut.

“Pekerjaan di hari ke-20 TMMD Reguler ini adalah pengerasan jalan dengan penaburan pasir dan batu, dan dipadatkan dengan alat berat,” terangnya.

Lanjutnya, masih satu paket dengan pembangunan jalan, talud di kanan-kiri jalan juga dibangun dengan ketinggian antara 0,5-1,5 meter tergantung kebutuhan di titik-titik jalan, 3 unit plat duiker, dan sebuah gorong-gorong.


“Untuk sarana penunjang jalan yang menjadi sasaran pokok sudah selesai, over prestasi talud sekaligus finishingnya,” tambahnya.
(Dar/Aan)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.