Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Ini Kategori Pemilih Disabilitas Mental Yang Berhak Nyoblos Pada Pemilu 2019

Nusantara.Terkini.Com, Padangsidimpuan – 
Pada Pemilu 2019 ini KPU memasukkan tunagrahita atau disabilitas mental ke dalam daftar pemilih menjadi perbincangan ditengah masyarakat, tidak ketinggalan di Kota Padangsidimpuan pun menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

Salah satunya Zulfan Matondang kepada wartawan dia mengaku belum tahu sampai sekarang kategori disabilitas mental yang dimaksud tersebut.

“Sampai sekarang saya tidak tahu bagai mana kategorinya, apakah disabilitas mental yang dimaksud ikut yang tidak memiliki tempat tinggal tetap atau bahkan kita tidak tahu siapa keluarganya”ujarnya.

Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis saat di konfirmasi lewat selulernya mengatakan, bahwa disabilitas mental yang dimaksud, masuk dalam daptar pemilih yaitu yang memiliki e-KTP. Menurut Tagor tentunya disabilitas mental yang dimaksud bukan yang liar atau tidak memiliki tempat tinggal tetap.

“Untuk syaratnya, sebenarnya sama dengan pemilih biasa. Intinya memenuhi persyaratan dan telah mempunyai e-KTP dan telah terdaftar sebagai pemilih. Yang liar tentunya tidak mempunyai alamat tempat tinggal yang tetap, dalam hal ini tentu saja mereka tidak terdaftar sebagai pemilih “ujarnya.

Dimasukkannya tunagrahita dikatakan Tagor sesuai dengan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang dicanangkan KPU RI, setiap warga negara yang telah memenuhi persyaratan, wajib dilindungi hak pilihnya.

Untuk Kota Padangsidimpuan sendiri diungkapkan Tagor terdapat dua calon pemilih yang masuk kategori tunagrahita sudah terdatar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan.

Selain dua orang tunagrahita, KPUD Padangsidimpuan juga mencatat 12 calon pemilih penyandang disabilitas lainnya. Yakni tunanetra sebanyak empat orang, tunarungu atau tunawicara dua orang dan penyandang disabilitas lainnya sebanyak enam orang.

“Untuk calon pemilih yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTH) 2 Padangsidimpuan berjumlah 142.091 orang”paparnya.(Idham Siregar)

Redomendasi
Comments
Loading...