Ini Dia Tips Kredit Motor yang Tepat Agar Tidak Rugi

Perpindahan Anda dari satu tempat ke tempat lain tentunya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Namun jika Anda harus berpindah tempat dari tempat yang jauh, tentunya Anda membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat dan mudah. Salah satunya adalah kendaraan bermotor roda dua yang bisa dengan mudah dimiliki oleh siapa saja. Kendaraan ini dipilih karena lebih murah dan juga lebih mudah dikendarai dari pada kendaraan roda empat. Untuk mendapatkan sebuah kendaraan bermotor ini Anda bisa membelinya baik langsung lunas ataupun dengan kredit motor.

Motor ini bisa dikatakan adalah kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Karena mengendarai kendaraan pribadi memang dirasa lebih hemat dari segi waktu dan biaya daripada harus menggunakan transportasi umum. Terlebih lagi bagi Anda yang pekerjaannya menuntut untuk selalu mobile. Tidak heran jika konsumen kendaraan ini cukup besar.

Aktivitas yang dijalankan sehari-hari juga dapat lebih mudah dengan adanya motor. Kemudahan untuk mendapatkannya juga menjadi salah satu penyebab motor laris di pasaran. Dengan uang muka yang tidak terlalu besar, Anda sudah bisa membawa pulang motor tersebut.

Namun Anda juga harus memperhatikan beberapa hal ini sebelum memutuskan untuk membelinya secara kredit.

  1. Cari Dealer Terpercaya

Mencari dealer yang terpercaya merupakan langkah awal yang dapat Anda jadikan acuan dasar. Pasalnya dengan dealer yang kredibel, Anda jadi bisa yakin untuk membeli sebuah kendaraan keluarga. Tidak hanya itu saja, dengan dealer yang terpercaya, kendaraan yang Anda dapatkan juga akan terjamin kualitasnya. Sebenarnya Anda bisa memilih antara penjual resmi ataupun dealer. Keduanya memang sah-sah saja untuk dipilih.

Hanya saja jika Anda memilih penjual resmi, sudah pasti produknya dilakukan pengecekan dan harganya hampir sama di semua tempat. Jika Anda memilih dealer, akan berbeda dari segi harga dan juga jenis cicilan biaya. Untuk itu Anda harus berhati-hati jika memilih dealer dengan alasan jarak ke rumah yang lebih dekat. Maraknya dealer yang menipu karena tidak terpercaya membuat biaya yang yang Anda bayarkan sia-sia.

Dengan bantuan teknologi berupa internet dan juga informasi di dalamnya, Anda bisa lebih mudah mencari tahu mengenai dealer terdekat yang terpercaya. Anda juga bisa melihat review dari pembeli-pembeli sebelumnya di dealer tersebut. Dari sanalah Anda bisa tahu apakah dealer ini memang benar meyakinkan atau tidak.

  1. Sesuaikan dan Perhitungkan Budget

Berbicara mengenai budget, Anda tentu memiliki kebutuhan setiap bulan bukan. Nah, kebutuhan ini membutuhkan biaya yang tidak sama pada setiap orang dan keluarga. Untuk itu Anda harus memperhitungkan dengan rinci antara kebutuhan Anda dengan budget yang diterima setiap bulannya. Cara terbaik dengan menggunakan kredit motor dari penjual terpercaya. Cara kredit ini lebih memudahkan karena Anda tidak perlu membayarkan semuanya lunas di muka.

Anda akan diberikan batas waktu pembayaran hingga lunas sesuai kesepakatan. Biasanya kredit ini diajukan mulai dari 12 bulan hingga 48 bulan. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan budget pribadi. Nah, hitungan kredit ini sudah cukup lengkap keseluruhannya. Anda yang sudah mendapatkan penjelasan dari dealer tentu sudah mendapatkan rincian total untuk pembayaran bulanan.

Apabila kondisi finansial Anda memungkinkan, Anda bisa langsung memilih kredit tersebut dengan perhitungan matang hingga batas waktunya pembayaran lunas. Maka penting sekali untuk mengetahui beban keuangan bulanan yang pas. Jangan sampai karena ingin memiliki motor Anda harus gali lubang tutup lubang. Punya motor malah jadi lebih sulit, tentunya tidak mau bukan.

Usahakan Anda masih memiliki sisa untuk disimpan dari biaya hidup bulanan dan setelah membayar kredit ini guna keperluan penting mendadak lainnya.

  1. Pilih Motor yang Paling Sesuai

Sebelum Anda mencari mengajukan kredit, tentu Anda harus tahu barang apa yang akan dikreditkan. Jika Anda ingin mengkreditkan motor, maka sebaiknya Anda ketahui dulu motor seperti apa yang ingin dibeli. Caranya adalah dengan menyesuaikan kebutuhan sehari-hari Anda. Apabila Anda berkendara jarak yang tidak cukup jauh atau ingin lebih mudah membawanya, Anda bisa memilih motor bebek ataupun matic.

Tetapi jika Anda gunakan untuk bekerja yang mengharuskan perjalanan jauh, maka Anda bisa memilih motor yang levelnya lebih tinggi. Ketika Anda sudah tahu jenis motor yang sesuai, Anda bisa menyesuaikan kembali tipe dari motor tersebut. Meskipun jenisnya sama, tipe yang berbeda akan berbeda pula harganya. Contohnya seperti tipe racing maupun non-racin, harganya bisa berbeda lho. Kemudian Anda juga bisa memilih dari segi warna dari tipe yang dipilih.

Tidak semua tipe bisa tersedia warna yang Anda mau. Jadi pastikan dulu jenis, tipe dan warnanya kemudian harga. Sudah cocok? Langsung saja pilih dealer yang diinginkan.

  1. Bandingkan Beberapa Dealer

Sebaiknya jangan terpaku pada satu dealer saja. Anda bisa mencari lebih dari 2 dealer untuk dijadikan perbandingkan. Jangan salah, membandingkan antara dealer ini penting agar Anda dapat memilih mana yang lebih hemat dan tepat sesuai kebutuhan. Tidak perlu tergesa-gesa dalam menentukan dealer pilihan. Pasalnya setiap dealer tentu memiliki penawaran menarik yang berbeda.

Jangan sampai Anda terkecoh dengan tagline bunga hemat, harga murah ataupun uang muka ringan. Pastikan dulu Anda mengetahui rincian biayanya. Salah-salah Anda justru malah semakin terbebani dengan harga total yang harus dikeluarkan secara rutin tiap bulan. Selain itu pilih dealer yang memiliki reputasi baik agar tidak terjadi kerugian di masa depan.

Tentu saja masa depan. Karena Anda harus mengeluarkan biaya untuk beberapa tahun ke depan bukan. Maka perhitungannya juga harus jangka panjang ya.

  1. Hindari Memilih Uang Muka Kecil

Siapa yang tidak tergiur dengan uang muka ringan ketika memilih kredit. Tetapi tahukah Anda bahwa cicilan yang kecil justru akan memberatkan biaya bulanan Anda nantinya?. Ketika uang muka yang Anda bayarkan kecil, secara otomatis uang bulanan yang dibebankan akan lebih besar. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja untuk mengcover biaya total dari kendaraan yang dibeli.

Jadi, lebih baik jika Anda memilih uang muka yang tidak terlalu kecil. Karena uang bulanannya akan lebih ringan dan Anda bisa lebih nyaman mencicilnya. Terkadang cicilan bulanan ini belum termasuk biaya denda apabila Anda terlambat membayarnya setiap bulan.

  1. Jangan Lewatkan Besaran Biaya Denda

Ada hal yang tidak kasat mata saat Anda memilih kredit motor. Selain besaran rincian yang harus dihitung dengan cermat, Anda juga harus memperhatikan besaran biaya dendanya. Ya, denda ini dapat Anda terima jika terlambat membayar cicilan kredit kendaraan bermotor. Tentunya denda ini akan berbeda besarannya tergantung pada lembaga pembiayaan yang dipilih.

Salah satu bank swasta misalnya membebankan dendan sebesar 0,4 persen per hari dari total angsuran. Sebagai contoh jika angsuran Anda adalah Rp 1 juta per bulan, maka denda yang harus dibayarkan per hari adalah Rp 4 ribu. Berbeda dengan bank swasta atau pemerintah lainnya. Jadi, pastikan bahwa Anda paham benar hitungan denda jika sekiranya Anda terlambat membayar. Hal ini biasanya terjadi karena faktor ekonomi yang berubah atau sekedar Anda lupa tanggal di hari tersebut.

Lalu apakah lebih baik melunasinya sebelum tenggat? Hati-hati ya, jika Anda melunasinya lebih cepat justru akan dikenakan penalti. Biasanya penalti ini berkisar 2 hingga 5% dari total biaya pokok. Jadi Anda harus mendapatkan harga rinci semuanya termasuk dari kisaran denda dan penalti. Maka Anda sebaiknya rileks saja dengan pilihan tenor angsurannya. Jika Anda tidak terlambat dan sekiranya tidak akan terkendala, maka semuanya aman.

  1. Lengkapi dengan Asuransi

Hal lain yang tidak kalah penting adalah melengkapi kendaraan yang baru dibeli dengan asuransi. Mengapa demikian?. Banyak hal yang terjadi di sekitar Anda secara mendadak. Baik itu hal-hal kecil seperti motor mogok atau terjadi permasalahan pada motor lainnya. Nah, semua permasalahan ini bisa Anda kurangi dengan asuransi. Asuransi ini nantinya dapat mengcover keperluan kendaraan Anda. Jadi Anda tidak merasa rugi jika motor terkena masalah ketika cicilan belum selesai.

Beberapa dealer sudah menyertakan program asuransi ini dalam paketnya. Namun, jika belum tersedia, Anda bisa mencari asuransi sendiri. Pastikan asuransi yang Anda pilih sudah terdaftar di OJK dan terpercaya. Pilihan biayanya bisa Anda pilih yang paling sesuai dengan kondisi finansial.

  1. Lengkapi Persyaratan

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan persyaratan berdasarkan tenor angsuranya. Anda tidak bisa hanya membayar uang muka dan membawa pulang motornya. Tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan ini akan diminta oleh dealer agar lebih mudah dan cepat. Biasanya Anda akan diminta persyaratan seperti KTP, buku tabungan sampai mendatangi properti milik Anda untuk memastikan Anda memang sanggup membayarnya.

Biasanya jika pihak pemberi kredit tidak cukup yakin akan kemampuan Anda membayar, maka kredit Anda bisa ditolak. Untuk itu penting sekali bagi Anda memiliki keuangan yang stabil dan simpanannya cukup.

  1. Jangan Lupakan Bonus

Ketika Anda sudah hampir menyelesaikan kewajiban cicilan, biasanya pihak pemberi cicilan akan memberikan hadiah yang beragam sesuai kesepakatan. Anda boleh lho menagih bonus ini ketika melunasi angsuran terakhir. Jadi, jangan hanya diam saja ya. Selain BPKB yang akan langsung ditangan, Anda juga bisa mendapatkan bonus menarik. Bahkan Anda bisa mendapatkan gratis angsuran akhir lho.

Dibandingkan dengan Anda harus membayar lunas di awal, pilihan kredit ini jelas akan memudahkan. Bayangkan saja Anda harus membayar misalnya 25 juta di awal dan uang Anda habis begitu saja. Maka kredit menjadi pilihan agar tabungan Anda tidak kosong begitu saja hanya demi kendaraan. Jangan karena ingin mudah dalam urusan transportasi, Anda malah jadi repot karena tidak ada uang simpanan untuk keperluan mendesak.

Itulah kemudahan kredit motor yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih. Kemudahan ini bisa mengantarkan Anda untuk memiliki motor impian yang cocok di kantong. Selain itu Anda juga dapat memiliki pengetahuan baru dalam hal kredit. Tidak heran jika motor yang dimiliki wajib dirawat sebaik mungkin. Dengan adanya informasi diatas, Anda bisa menggunakannya sebaik mungkin terutama ketika akan memilih kredit. Pilihlah kredit dengan bijak agar dapat melunasinya dengan baik.

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.