Ini Dia Identitas Terduga Teroris di Medokan Ayu

Nusantaraterkini.com (Surabaya) – Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap 1 orang terduga teroris di RT I / RW I Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut. Demikian diungkap Ketua RT  I, Supangin kepada awak media ini, saat ditemui di kediamannya Jumat (26/2/2021), sekitar pukul 20.30 WIB.

Supangin menerangkan terduga teroris ditangkap Densus 88, hari ini Jumat (26/2/2021) sekitar pukul 11.30 WIB tersebut bernama Agus Imam Hanafi (38). Menurutnya Agus, begitu biasa disapa, ditangkap Densus 88 ketika hendak menunaikan ibadah sholat Jumat. Kemudian sekitar pukul 12.30 WIB, Supangin mengatakan tim Densus 88 yang berjumlah lebih dari 10 personel melakukan penggeledahan di kediaman Agus yang juga membuka toko Handphone (HP), pulsa, dan servis komputer.

“Tim Densus 88 kepada Rohati, istri Agus menunjukkan surat tugas penangkapan dan penggeledahan. Sebelum melakukan penggeledahan, ada salah satu personel Densus 88 datang ke rumah saya untuk memberitahu dan meminta saya menyaksikan penggeledahan yang berlangsung sekitar 1 jam. Informasi dari salah satu petugas Densus 88, Agus akan dibawa ke Jakarta,” bebernya.

Lebih lanjut Supangin menerangkan sepengetahuannya tim Densus 88 menyita panah, samurai, sarung tinju, sansak, dan sejumlah buku. Ia mengatakan perwakilan Densus 88 menerangkan kepada pihak istri dan pengurus RT/RW bila Agus tidak terbukti terlibat terorisme nantinya akan dikembalikan pada pihak keluarga, namun apabila Agus terbukti terorisme tetap akan diproses hukum.

“Saat penangkapan dan penggeledahan, anggota Densus 88 bertindak baik dan sopan. Saya tidak mengetahui nama-nama personel Densus 88 karena mereka menggunakan pakaian preman,” tuturnya.

Ditanya keseharian Agus di lingkungan, Supangin menjawab yang bersangkutan termasuk orang baik dan tidak bermasalah. Ia menerangkan Agus selalu bertegur sapa dan mendatangi rumah warga yang ada hajat atau kematian. Memang menurut Supangin untuk ‘cangkruk’ (ngobrol) dengan warga sekitar, Agus hampir dikatakan tidak pernah. Supangin menambahkan Agus mempunyai satu orang istri dan lima orang anak serta lebih dari 10 tahun bertempat tinggal di RT I / RW I, Medokan Ayu.

“Kalau untuk ibadah, Agus tergolong rajin sholat berjamaah. Tetapi bukan di masjid lingkungan sini, melainkan di masjid yang berlokasi daerah Medayu Selatan. Setahu saya, Agus menjadi jamaah di masjid tersebut,” ucapnya sambil menyebut nama masjid itu

Awak media ini berupaya konfirmasi kepada Rohati, istri Agus, Jumat (26/2/2021), sekitar pukul 21.00 WIB. Namun Rohati tidak berkenan ditemui karena beralasan sudah malam. Pantauan Nusantaraterkini.com, sekitar pukul 21.00 WIB, toko sekaligus kediamaan Agus yang menjadi Tempat Kejadian Perkara (TKP) penangkapan dan penggeledahan tim Densus 88 siang tadi tampak sudah tutup dan tidak terpasang garis polisi. (Fajar Yudha Wardhana)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.