Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Ingin Jalan TMMD Reguler Brebes Yang Belum Sempurna Diaspal

Loading...

Brebes – Ialah Winda (22), ibu rumah tangga asal Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang berharap tindak lanjut dari peningkatan jalan yang sedang dikebut penyelesaiannya melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di desanya itu.

Ia berharap agar jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, yang masih terus disempurnakan oleh Satgas TMMD bersama masyarakat dan segenap Ormas di Kecamatan Bumiayu itu, bisa diaspal juga melalui TMMD.

“Bukannya tidak bersyukur atas adanya jalan selebar sampai 6 meter di desa kami yang sudah tebus ke Dusun Kedung Kandri itu, hanya saja ini sekedar usul bahwa kalau bisa jalan itu diaspal juga,” ujarnya, Jumat (2/10/2020).

Terpisah ditanggapi Babinsa Kalinusu, Koramil 08 Bumiayu, Sertu Eko Nuhyoto, dirinya cukup bisa menghargai apa yang diusulkan oleh Winda. Hanya saja, di pelaksanaan TMMD Kalinusu itu, perencanaanya sudah melibatkan Pemda dan pihak terkait lainnya sehingga semua sudah ditetapkan dalam program.

“Artinya tidak mungkin jika jalan ditingkatkan dengan konstruksi aspal. Ini sudah terkait dengan pendanaan dan terbatasnya waktu pelaksanaan TMMD,” terangnya.

Dijelaskannya lanjut, untuk peningkatan jalan tanah juga harus melalui proses pengeringan minimal 1 tahun, sehingga tanahnya benar-benar padat atau tidak labil lagi.

Di TMMD Kalinusu yang akan berjalan selama sebulan penuh itu, sasaran fisiknya cukup bervariasi dan harus kerja keras untuk merampungkannya dalam waktu hanya sebulan. Selain jalan tersebut yakni pembangunan 3 unit plat duiker, sebuah gorong-gorong, dan talud di kiri-kanan jalan yang panjangnya mencapai 2.750 meter dengan ketinggian antara 0,5 – 1,5 meter.

“Untuk peningkatannya nanti, pihak desa setempat sudah menyatakan akan mengcovernya melalui anggaran dana desa di tahun depan atau di 2022,” pungkasnya menanggapi. (Dar/Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.