Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Infrastruktur Jalan Yang Dibangun di TMMD Reguler Brebes Tak Main-main

Loading...

Brebes – Anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, dibantu warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terus bergotong-royong membangun talud di jalan baru hasil TMMD.

Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan mengatakan, talud yang dibangun sepanjang 2,7 kilometer dengan ketinggian 0,5-1 meter, di kanan kiri jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu, tak lain bertujuan untuk menguatkan jalan tanah karena jalan baru tersebut awalnya merupakan areal persawahan warga Kalinusu dan sekitarnya.

“Kami tidak main-main untuk membangun jalan tembus dari Dukuh Karanganyar menuju Dukuh Kedung Kandri,” tegasnya, Senin (28/9/2020).

Dikatakannya lanjut, 2 unit plat duiker dari 3 unit dan 1 gorong-gorong, telah selesai dibangun untuk menunjang jalan karena melewati 4 sungai kecil.

“Infrastruktur utama TMMD itu akan digunakan warga setempat dan sekitarnya untuk mengangkut hasil bumi sehingga harus betul-betul kuat,” tandasnya.

Untuk itulah, selain melibatkan Tim Teknisi Bngunan dari Kodim, Satgas TMMD juga diperkuat Tim Teknis Bangunan dari kesatuan Yon Zipur 4 Tanpa Kawandya dan juga Denzibang IV/I Purwokerto.

“Pelibatan masyarakat dan para tukang bangunan masyarakat, juga untuk menjaga kualitas bangunan. Jika mereka ikut membangun maka diharapkan juga mereka juga akan merawat hasil TMMD nantinya seperti kepunyaan sendiri,” pungkasnya.

Ia juga berharap, pasca TMMD Reguler nantinya, akses jalan tersebut diharapkan mampu mendongkrak perekonomian, pendidikan, menjangkau fasilitas kesehatan, dan pelayanan terdekat ke kantor desa, khususnya bagi warga Dukuh Kedung Kandri yang selama ini terisolasi. (Dar/Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.