Infrastruktur dan Pendidikan serta Hidup Sehat jadi Program Prioritas Bupati OKU Selatan

Loading...

OKU Selatan – Di bawah kepemimpinan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Popo Ali dan Wakil Bupati OKU Selatan, Sholeihein Abuasir, SP, M.S.I, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan tata ruang (PU-TR), pada tahun 2020 ini akan melanjutkan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Terbit : - Jam : 21:34

Dalam melakukan pembangunan di bidang infrastruktur dari ibu kota kabupaten hingga pelosok desa. Adapun pekerjaan yang akan dilaksanakan tersebut sebanyak 189 item pekerjaan, untuk Semua pembangunan. Diantaranya, peningkatan dan perehaban serta pembangunan baru akan dikerjakan menggunakan dana APBD dan DAK yang terbagi di tiga bidang yakni di bidang Bina Marga, Cipta Karya dan bidang perairan.

Kepala Dinas pekerjaan umum dan tata ruang Muhamad Farid Efendi, ST.MM melalui kepala bidang Bina Marga, Armada Zajuli, ST.,MM., mengatakan, untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ada 80 item pekerjaan.

Dengan rincian pekerjaan pembangunan diantaranya, pembangunan jembatan dan ruas jalan. Untuk jembatan gantung dan rehab jembatan terdapat 10 item pekerjaan yang tersebar di Kecamatan Makakau ilir, Kecamatan PBRT, Kecamatan Muaradua Kisam, Kecamatan Tiga Dihaji, Kecamatan Buay Pemaca, Kecamatan Buay Runjung, Kecamatan Kisam Tinggi dan Kecamatan Banding Agung.

“Sementara untuk pembangunan ruas jalan yakni lanjutan pelebaran jalan dalam Kota, dan pemeliharaan ruas jalan Simpang Haji-Simpang Lubuk Dalam yang menggunakan dana DAK. Lanjutan pemeliharaan ruas jalan Banding Agung Pulau Beringin, peningkatan ruas jalan Sumber Jaya Kecamatan Buay Pemaca menuju Way Kanan Lampung”. ungkap Armada jum’at 2020.

Selain itu, ada juga pembangunan peningkatan ruas jalan Tebat Gabus-Siring Aggung Kisam Tinggi, lanjutan pembangunan dalam kota Warkuk Ranau Selatan, Peningkatan jalan dalam kota Simpang Sender Kecamatan PBRT, dan pembangunan melalui tahun jamak multiyear akan tetap berjalan, seperti pekerjaan pembangunan jalan kawasan Danau Ranau dan pekerjaan pembangunan pelebaran jalan dalam Kota Muaradua.

” Selain peningkatan ruas jalan pada tahun ini juga terdapat dua paket pekerjaan pembukaan akses badan jalan baru, berlokasi di jalan Desa Pematang Obar yang dilaksanakan oleh Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) dan Pembukaan badan jalan Padang Bindu Bandar Alam Lama Kecamatan Kisam Tinggi, ” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala bidang Cipta karya, Sarinurohman, ST,MT melalui Kepala sesi (Kasi) Perencanaan dan Pengendalian Bidang Cipta Karya, Pradana Adi Nugraha, ST., MT., menjelaskan, pada tahun ini akan melaksanakan pembangunan gedung baru dan rehab sanitasi sumber air minum diantaranya, pembangunan Gedung Nahdatul Ulama yang akan di bangun di kawasan pemda OKU Selatan, dan Rehabitalisasi poli klinik RSUD Muaradua.

Dilanjutkan, pembangunan gedung rawat inap kelas Satu RSUD Muaradua, pembangunan rumah dinas Dokter RSUD Muaradua, penataan lapangan parkir asrama Islamik Center, rehap kantor KB, Pembangunan kantor kelurahan Bandar Agung Kecamatan Banding Agung, Pembangunan Kantor kelurahan Simpang Sender Kecamatan PBRT.

” Dalam rangka upaya pemerintah Kabupaten OKU Selatan untuk mendukung program Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan mencegah stunting dianggarkan pembangunan sanitasi dan air bersih. Pembangunan sanitasi dan air bersih terdapat tiga paket yang tersebar di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Muaradua, Sindang Danau dan Buay Runjung, ” Terangnya.

Selain itu untuk pengembangan jaringan perpipaan air bersih terdapat 8 kegiatan tersebar di kecamatan Banding Agung, BPRRT, Muaradua, Buay Sandang Aji dan Buay Pemaca. Untuk kecamatan Muaradua, pembangunan MCK terdapat satu kegiatan di lingkungan 8 Kelurahan Kisau.

” Sedangkan untuk pembangunan Tangki Septik Skala Komunal, ada 12 paket yang tersebar di Kecamatan Mekakau, Bading Agung, BPRRT, Muaradua Kisam, Kisam Tinggi, Pulau Beringin, Buay Pemaca, Buay Runjung. Dalam satu kegiatan diperuntukan untuk 5 sampai 10 kepala keluarga, ” katanya.

Dan Dibidang Perairan dan sumberdaya Air Kepala bidang Perairan Renaldi melalui Kasi Perencanaan Bidang Perairan, Amir Mirsanuddin., ST., MT., mengatakan untuk bidang perairan sendirivhanya ada rehab irigasi (DI) sebanyak 20 paket yang tersebar di 19 kecamatan.

Terpisah, sedangkan untuk di bidang pendidikan, pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pendidikan OKU Selatan merencanakan pembangunan dan rehab dari tingkat PAUD hingga SMP.

Kepala dinas pendidikan, Zulfakar Dani., S.sos menyampaikan, melalui bidang pendidikan akan melaksanakan pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan rehab ruang kelas dari tingkat PAUD/ (TK Negeri), untuk TK Negeri sendiri di Kabupaten OKU Selatan terdapat 10 TK negeri yang tersebar di 19 Kecamatan.

Untuk tingkat SD dan SMP akan direncanakan pembangunan rumah dinas guru, Pembangunan Ruang Guru, Pembangunan Ruang perpustakaan, Pembangunan WS Sekolah, Pengadaan alat praktek sekolah, Pengadaan Laptop untuk UNBK sebanyak 100 Unit, dan Pengadaan peralatan seni budaya, Pengadaan Alat peraga IPA dan IPS, Pengadaan peralatan bahasa Indonesia, dan pengadaan alat mata pelajaran matematika.

“Sedangkan untuk tahap perencanaan, pembangunanya sendiri telah selesai dilakukan. Mengenai Anggaran yang direncanakan pun sudah diatur sesuai peruntukannya. Untuk pembangunan dan rehab menggunakan dana DAK Swakelola dan untuk pembangunan dengan pengadaan menggunakan e-katalog sumber dana APBD melalui peroses lelang,” pungkasnya. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang