Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Ikut Serta Dalam TMMD Reguler Pemalang Merupakan Bela Negara

Pemalang – Penyuluhan Hukum Terpadu dalam kegiatan Non Fisik TMMD Reguler 104, juga diisi dengan materi bela negara dari Kodim 0711 Pemalang melalui Pasi Intel, Kapten Cpm Suwaryo di Balai Desa Parunggalih Kecamatan Bodeh. Selasa (12/3/2019).

Suwaryo mengupas tentang peran pemuda dalam bela negara yang dikombinasikan dengan landasan hukum bela negara, substansi, tujuan dan fungsi, manfaat, komponen bela negara serta bentuk bela negara itu sendiri.

“Bela Negara memiliki spektrum yang sangat luas di berbagai bidang kehidupan, mulai dari politik, ekonomi, sosial dan budaya. Sehingga wajib dilakukan oleh setiap warga negara dari berbagai latar belakang profesi,” terangnya.

Lebih dalam disampaikannya, dalam kehidupan sehari-hari bela negara diharapkan dapat memperkuat karakter SDM untuk berkiprah di masyarakat dengan membawa nilai-nilai luhur dan kebangsaan. Indonesia memperoleh kemerdekaan melalui perjuangan dengan mengorbankan harta, benda, darah dan nyawa, jadi bukan pemberian dari bangsa lain.

Kehidupan di era globalisasi, selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif yang memerlukan penanganan dan antisipasi, sehingga diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat nasionalisme melalui pendidikan bela negara di semua lini.

“Jadi intinya adalah agar setiap individu masyarakat memahami apa itu bela negara, contohnya serta mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian. Pahlawan merebut dan mempertahankan, kini giliran kita meneruskannya dengan andil dalam pembangunan,” ajaknya kepada puluhan masyarakat yang hadir. (Aan Pendim Pemalang).

Rekomendasi
Comments
Loading...