HUT SMSI ke-4, Wawali Dedy Ajak Media dan Masyarakat Bersinergi Tanggulangi Masalah Sampah

Bengkulu, Nusantaraterkini.com- Sabtu (6/03/2021), Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menghadiri acara hari ulang tahun (HUT) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu yang ke-4 tahun. Perayaan hari jadi tersebut berlangsung di Ball Room Hotel Mercure Bengkulu.

SMSI ini dibentuk pada 7 Maret 2017, secara nasional telah memiliki anggota sebanyak 1.200-an media online. Untuk di Bengkulu sendiri, sudah sebanyak 85 media online yang tergabung di SMSI.

Di acara tersebut, mantan GM RBTV ini mengucapkan selamat kepada SMSI yang telah memasuki usia 4 tahun.

“Selamat untuk SMSI yang memasuki usia 4 tahun, hadirnya SMSI terbukti bahwa media siber dapat berperan aktif mendukung kelancaran program pemerintah serta menjadi penyambung lidah masyarakat, yang aktif melalui media online ini, ,” ujar Dedy.

Banyaknya media online yang tergabung di SMSI, Dedy menyampaikan pesan kepada wartawan dalam melaksanakan tugasnya. “Seluruh wartawan di Bengkulu, khususnya wartawan media online dibawah naungan SMSI saya minta agar selalu menjaga marwah wartawan dan kode etik jurnalistik. Jangan sampai marwah wartawan tercoreng akibat ulah-ulah negatif,” tambahnya.

Tak hanya membicarakan tentang dunia jurnalistik, Dedy juga mengajak para seluruh media dan masyarakat untuk membantu serta mendukung program pengendalian sampah yang sedang digarap Pemkot saat ini.

“Untuk para media, ayo gencarkan pemberitaan tentang penanggulangan sampah serta peraturan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan. Untuk masyarakat lainnya, mari kita sama-sama gelorakan hidup sehat, bersih dan bebas dari sampah. Kalau semuanya bersinergi dan berperan aktif tentu Kota Bengkulu akan bersih, asri dan nyaman serta bebas sampah,” jelas Dedy.

Semetara itu, tamu lainnya yakni Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) Ferry Ramli merespon rencana Pemkot dalam menanggulangi sampah. Dirinya pun menawarkan ke Pemkot untuk membangun TPA di wilayah Benteng.

“Rencana ini sangat bagus. Oleh karena itu, saya menawarkan ke Pemkot agar membangun TPA di Benteng dan lahan sudah siapkan seluas 20 hektare. Kan rencana pengembangan kantor Walikota juga terletak di Air Sebakul jadi kurang pas andaikan pusat kota berdekatan dengan TPA, lebih baik di Benteng karena jaraknya tak begitu jauh,” ujar Ferry dihadapan Dedy.

Terkait hal tersebut, Dedy merespon baik tawaran Bupati Benteng untuk membangun TPA diwilayahnya.

Pada sambutannya, Ketua SMSI Bengkulu Wibowo Susilo mengatakan dari 85 media online tersebut, 11 media online telah terverifikasi administrasi dan faktual, 7 terverifikasi administrasi dan selebihnya merupakan perusahaan pers yang berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT).

Jadi, SMSI terus berupaya agar media-media online yang tergabung didalamnya mematuhi standar perusahaan yang ditetapkan Dewan Pers, salah satunya dengan mendaftar untuk mendapat status terverifikasi administrasi.

“Setelah terverifikasi administrasi, nanti kemudian SMSI akan mengusulkan ke Dewan Pers agar dilakukan verifikasi faktual. Program ini terus dilakukan sejak berdirinya SMSI di Provinsi Bengkulu Oktober 2017 lalu, anggota SMSI yang belum memenuhi syarat kita lakukan pembinaan. Seperti belum punya UKW, maka kita dorong wartawannya untuk mengikuti UKW, tapi secara UU Pers, semua media anggota SMSI di Bengkulu telah berbadan hukum PT,” ujar Wibowo.

Dengan mendaftarkan data perusahaan ke Dewan Pers sesuai standar yang ditetapkan Dewan Pers, maka media online tersebut akan mudah diakses oleh instansi yang membutuhkan jasa media. Sebab, saat ini regulasi sudah mulai ketat, bahkan instansi-instansi baik pemerintah dan swasta sebagian telah menggunakan data media dari Dewan Pers sebagai syarat bekerjasama.

Dalam kesempatan ini juga, Wibowo memberikan ucapan selamat kepada Ketua PWI Zacky Antoni yang berulang tahun ke 44 pada 5 Maret. Dia menegaskan bahwa antara SMSI dan PWI tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi. Sebab, SMSI didirikan oleh para senior PWI.

Sesudah memberikan ucapan selamat ke Ketua Pwi, Wibowo pun memberikan pujian kepada Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi yang turut hadir. Menurut Wibowo, Dedy Wahyudi merupakan sosok mantan wartawan yang begitu menginspirasi.

“Beliau ini (Dedy Wahyudi) sosok inspiratif, mantan wartawan yang berkarir dari bawah dan kini menjadi pejabat. Selamat kepada beliau yang sukses meraih gelar doktor. Kepada media-media anggota SMSI, mari dukung pembangunan Pemkot Bengkulu, bantu untuk mewujudkan program-programnya melalui pemberitaan di media kita, namun tetap kritis untuk memberikan saran, masukan sebagai kontrol sosial,” tuturnya.

Diakhir acara tersebut, dilakukan pemotongan tumpeng HUT SMSI ke 4, HUT media online Bengkulutoday.com ke 7 dan HUT media online Klikwarta.com ke 4, dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial kepada penyandang disabilitas dan mahasiswa terdampak pandemi. (Rilis/SMSI Bengkulu)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.