HUT Satpol PP ke-71, Bupati Paluta: Perkuat Pelaksanaan Tugas yang Tegas Namun Tetap Humanis

Paluta, Nusantaraterkini.com– Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP M.Si berharap agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dengan pembenahan dalam berbagai aspek.

Hal tersebut disampaikannya pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-71, Satlinmas ke-59 serta Damkar ke-102 Tahun 2021 di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Selasa (30/3).

“Tingkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19,” kata Andar membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dalam amanat yang dibacakan Bupati Andar tersebut, Mendagri juga menyampaikan beberapa hal yang memerlukan perhatian anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar agar meningkatkan pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sebagai urusan wajib pemerintahan yang terkait dengan pelayanan dasar.

Selain itu, Satpol PP, Satlinmas dan Damkar diharapkan agar memperkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati.

“Perkuat pelaksanaan tugas yang tegas namun tetap humanis dan senantiasa memperhatikan aspek hak asasi manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja,” imbuhnya.

“Tingkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan bekerjasama dengan unsur Polri dan TNI dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19,” tutup Bupati mengakhiri amanat Mendagri.

Turut hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Padang Lawas Utara H. Hariro Harahap SE M.Si, Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, Pimpinan DPRD Paluta Mukhlis Harahap S.Hi M.Si dan Basri Harahap, Asisten I Syarifuddin Harahap S.Sos MM, Asisten II Haholongan Siregar SE MM, Asisten III Maralobi Siregar S.Sos MM, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP, Pabung Paluta Kodim 0212/TS Mayor Arm Hasran Harahap, Pimpinan OPD Pemkab Paluta, kepala desa se-Paluta dan tamu undangan lainnya.

Kasatpol PP Paluta, Darman S.Sos saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan peringatan HUT Satpol PP ke-71 kali ini sengaja dilaksanakan secara serentak dengan Satlinmas dan Damkar. (AYH)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.