Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Hormat Untuk Satgas TMMD Reguler Brebes Yang Membuka Satu Dusun Terisolasi

Loading...

Brebes – Adalah Wahyuningsih (30), salah satu warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang menyatakan menaruh hormat kepada para anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yang telah membuka akses jalan menuju salah satu dusun di desanya yang terisolir, yaitu Dusun Kedung Kandri.

Menurutnya, setelah 75 tahun, kini 100 kepala keluarga yang bermukim di Dusun Kedung Kandri, terfasilitasi akses pendekat ke desanya Kalinusu, yaitu dengan melewati jalan TMMD sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter, dalam waktu tempuh hanya 8-10 menit saja.

Sedangkan sebelumnya, mereka membutuhkan waktu 45 menit lebih sejauh 8 kilometer lebih, dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya (Bantarkawung), kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai ke kantor desa.

“Sebelumnya warga disana harus menyeberang rakit di Kali Pemali terlebih dahulu untuk keluar dusunnya, kemudian baru melanjutkan perjalanan darat dengan memutar melewati sejumlah desa di Kecamatan Bantarkawung dan Bumiayu,” ujarnya, Minggu (11/10/2020).

Wahyuningsih menambahkan, jik Kali Pemali banjir maka warga Kedung Kandri benar-benar terisolasi selama banjir berlangsung, sehingga tidak bisa mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya itu.

“Dulu untuk keluar dusun, warga Kedung Kandri juga harus membayar jasa penyeberangan sebesar seribu rupiah per orang, Rp. 2 ribu per sepeda kayuh, dan Rp. 5 ribu per sepeda motor,” tandasnya.

Selain itu menurutnya, jalan tersebut juga memfasilitasi usaha pertanian warga setempat dan para pemilik lahan dari wilayah Kecamatan Bantarkawung.

Untuk harapan baru yang dikemukakan Wahyuningsih, yakni Pemda segera merealisasikan rencana pembukaan jalan baru sepanjang 4-5 kilometer, membelah perbukitan sehingga bisa tembus ke Dusun Maribaya. Pasalnya, dusun inilah kini satu-satunya dusun yang terisolasi dari desanya Kalinusu. (Dar/Aan)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.