Hewan Kurban yang Akan Disembelih di Asahan Diperiksa Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan

Asahan, Nusantaraterkini.com | Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang akan disebelih. Hal tersebut guna memastikan Kesehatan terhadap kurban Idul Adha 1444 H.

“Jika hewan kurban tersebut mengalami gejala penyakit kulit berbenjolan itu dinyatakan cacat dan tidak dibenarkan untuk dijadikan hewan kurban”, ujar drh. Yusnani Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kepada wartawan, Rabu (28/6/23).

Pemeriksaan utamanya dilakukan terhadap hewan kurban yang disembelih oleh Pemkab Asahan dimana penyelenggaraannya diadakan di Alun Alun Kota Kisaran.

Satu persatu hewan kurban sapi maupun kambing yang masuk diamati dan diperiksa kesehatannya guna memastikan proses kurban aman dan sehat sebelum disembelih.

Yusnani juga mengatakan, terkait hewan kurban yang memiliki Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan kategori ringan, masih diperbolehkan dengan ketentuan hewan tersebut hanya memiliki lepuh ringan pada celah kuku, dan tidak keluar air liur berlebih dari biasanya.

“Namun, untuk PMK kategori berat tidak diperbolehkan. Hewan kurban dengan kategori tersebut ditandai memiliki gejala klinis berat, lepuh pada kuku hingga terlepas yang menyebabkan pincang atau tidak bisa berjalan serta menyebabkan hewan kurban menjadi sangat kurus karena kehilangan nafsu makan”, pungkas Yusnani.

Kegiatan salat Idul Adha 1444 H / 2023 M Pemkab Asahan akan dilaksanakan di Masjid Agung Achmad Bakrie Kisaran pada Kamis, 29 Juni 2023. (Indra Lubis)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.