Hasil TMMD Reguler Tegal, Merubah Jalan Setapak Menjadi Antar Pedukuhan di Jatimulya

Tegal – Jalan merupakan sarana transportasi yang memang sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat antar pedukuhan di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Melalui TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, program ini telah menjawab impian masyarakat.

Berakhirnya pembangunan yang dilakukan Satgas TMMD bersama masyarakat (8/8), telah berhasil menghubungkan akses antar dukuh yaitu Sigerung-Gemahsari, dengan makadam sepanjang 702 meter dengan lebar 3 meter. Cukup lebar bagi roda empat untuk melewatinya kini, berbanding terbalik dengan kondisi sebelum dibangun yang hanya setapak.

Selain kegiatan pertanian, juga telah menjadi akses pendidikan anak-anak Gemahsari dalam menjangkau SDN Jatimulya 03 Sigerung, serta membina hubungan sosial antar pemukiman yang sebelumnya harus memutar melewati Jalan Raya Gemahsari.

Dibenarkan Kadus Gemahsari, Sukheri (41), bahwa infrastruktur inilah yang sangat dibutuhkan warganya untuk berbagai aktivitas kemasyarakatan, pendidikan maupun pertanian khususnya, serta perekonomian dalam memangkas biaya angkut.

Akhirnya jalan yang dulunya setapak di samping SDN Jatimulya 03 Sigerung ke arah utara menuju Gemahsari terkoneksi makadam tersebut. Tak hanya itu saja, juga dilakukan pengaspalan sepanjang 310 meter lebar 2,5 meter di Gemahsari untuk menyambung makadam 702 meter.

Terpisah diterangkan Dandim 0712 Tegal, Letkol Infanteri Richard Arnold Yeheskiel Sangari, SE.MM, yang merupakan mantan Dansatgas TMMD Reguler 105 Tegal, selain makadam sepanjang 702 meter, telah terbangun juga makadam 1,6 kilometer lebar 3 meter serta pengaspalan jalan over prestasi di Dukuh Sigerung, yaitu Jalan Dukuh Sigerung sepanjang 130 meter lebar 3 meter yang terletak di depan SDN Jatimulya 03 untuk menyambung kedua makadam dengan Jalan Raya Gemahsari.

Sedangkan di Dukuh Grogolan, di sebelah timur Kantor Desa Jatimulya ke arah selatan, juga telah terbangun jalan aspal sepanjang 790 meter lebar 3 meter. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.