Hasil Nihil, Basarnas Jember Hentikan Pencarian Korban Nelayan Puger Hilang Tenggelam

Jember, Nusantaraterkini.com- Tepat hari ke-7, Senin (28/03/21), Tim Gabungan Basarnas Kabupaten Jember dan Sat Polair Puger akhirnya resmi menghentikan proses upaya pencarian jasad Mat Yasin, nelayan yang hilang akibat perahu pencari ikan yang ditumpangi mengalami kecelakaan laut di plawangan pantai Pancer Puger pada Selasa, 23 Maret 2021.

Mat Yasin seorang nelayan Puger asal Desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, merupakan awak dari perahu berlambung “Rizky Akbar” dengan Nahkoda Riyadi, diketahui hancur dihantam keganasan ombak laut selatan saat pulang mencari ikan di tengah laut.

“Sesuai ketentuan bila 7 hari tidak ketemu, terpaksa proses pencarian dihentikan dan menunggu proses lebih lanjut, ” kata Kasatpolair Polres Jember IPTU M Na’i, melalui sambungan telepon.

Na’i menduga, kemungkinan jasad korban terbawa arus air laut atau tersangkut sesuatu benda di dasar laut.Hasil koordinasi pihak terkait terutama dari Basarnas, maka proses pencarian dihentikan hari ini.

Meski demikian Tim Basarnas dan Satpolair tetap melakukan patroli terutama di sekitar Pantai, serta mencari info dari warga nelayan yang sedang mencari ikan.

“Bila mengetahui ada mayat mengapung mohon diinformasikan ke kita, ” sambungnya.

Na’i menambahkan, menurut BMKG hari ini gelombang laut memang cukup landai, dengan ketinggian ombak berkisar 1 hingga 2 meter.Kondisi tersebut masih aman untuk warga dan nelayan yang melaut, namun Ia tetap menghimbau harus tetap waspada.

Kondisi aman tersebut hingga 3 hari kedepan.Katanya, jika ada perubahan cuaca mendadak maka pihaknya akan menginformasikan kepada nelayan.

“Nelayan yang melaut harap tetap waspada meski ombak laut cukup tenang, karena cuaca kadang kala bisa berubah sewaktu-waktu, ” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, keganasan ombak Laut Selatan kembali memakan korban, empat perahu nelayan Puger diketahui hancur tenggelam di Pantai Selatan ,tepatnya di plawangan pantai pancer pada Selasa pagi (23/03/2021).

Informasi yang berhasil dihimpun, nelayan (korban) yang hilang bernama Mat Yasin (33).Korban adalah warga Dusun Mulyosari Rt 31 Rw 09 Desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.

Korban merupakan awak kapal dari perahu dengan nama lambung “RIZKY AKBAR” yang dinahkodai Riyadi, alamat Dusun Mandaran Rt.01 Rw.08 Desa Puger Kulon Kecamatan Puger.

Sekitar pukul 06.00 wib, sehabis menangkap ikan di lautan, beberapa perahu secara berbarengan hendak merapat ke daratan. “Perahu “RIZKY AKBAR” saat sedang melaju memotong arus, secara tiba-tiba diterjang gelombang besar dari arah belakang, akibatnya perahu oleng dan terbalik, kemudian dihantamkan ke karang hingga mengakibatkan perahu hancur berkeping keping. (Tahrir)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.