Hari Pertama Penghitungan Suara Ulang, KPU Sekadau Selesaikan 18 TPS

Sekadau, Nusantaraterkini.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau telah melaksanakan penghitungan suara ulang  berdasarkan amar putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 12/PHP  .Bup – XIX/ 2021 memerintahkan KPU melakukan penghitungan suara  ulang di 65 TPS se Kecamatan Belitang Hilir dalam 30 hari kerja, KPU  telah memulai pelaksanaan pada Senin(12/4/2021) di KPU Sekadau.

Pada penghitungan suara ulang hari pertama ,  sejumlah TPS  dari desa Sungai Ayak 1 dan Sungai Ayak 2 telah dihitung ulang di 4 (empat ) panel oleh  anggota KPU Sekadau disaksikan  Bawaslu., saksi dari kedua pasangan  calon . Penghitungan hanya dilakukan pada perolehan suara sah dan tidak sah masing – masing calon.

” Dari dua desa tersebut telah  dilakukan penghitungan suara ulang  atas 18 TPS  , sejauh ini berjalan semestinya , tertib, terbuka  disaksikan para LO partai dan juga Bawaslu Provinsi hadir, KPU RI “kata Drianus Saban  ketua KPU Sekadau.

Dari penghitungan suara ulang di sejumlah TPS  tersebut , KPU belum bisa  merinci hasil perolehan suara masing – masing pasangan calon, pihaknya memastikan perolehan suara calon akan dilakukan di pleno kecamatan.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Nursoleh mengatakan, pelaksanaan penghitungan suara ulang oleh KPU dengan membuat empat panel penghitungan sudah tepat dan persiapannya dan sosialisasi berjalan dengan baik.

” Bawaslu akan tetap menjalankan fungsinya , dengan empat panel penghitungan kita berharap selesai tepat waktu ” terangnya.

Sebelumnya KPU telah menjadwalkan penghitungan suara ulang di Kecamatan Belitang Hilir mulai tanggal 12 -16  April 2021 , terkait hal ini sosialisasi juknis  tahapan penghitungan ulang  telah dilaksanakan  oleh KPU Sekadau kepada parpol pengusung calon , forkopimda , tokoh masyarakat , tokoh agama , tokoh adat. (jr)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.