Hari Bakti Rimbawan ke-41, KLHK Gelar Penanaman Serentak Seluruh Indonesia

NUSANTARATERKINI.COM – Dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ke-41, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaksanakan kegiatan penanaman serentak di seluruh Indonesia, Kamis (07/03/2024).

Kegiatan ini merupakan acara keempat dalam keseluruhan rangkaian penanaman serentak di awal musim penghujan sekaligus diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan Tahun 2024 yang ke-41.

Di Provinsi Bengkulu, penanaman serentak dilaksanakan oleh BPDAS Ketahun yang dilaksanakan di Komplek Rumah Dinas Bupati Bengkulu Tengah Jl. Raya Bengkulu – Kepahiang Km.20 Desa Ujung Karang Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dalam kesempatan itu, penanaman dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. melalui teleconference Zoom Meeting yang diikuti oleh seluruh Indonesia.

Turut hadir secara langsung sebagai perwakilan Menteri LHK pada acara penanaman di Provinsi Bengkulu yaitu Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Pembinaan Partisipasi Masyarakat dan Generasi Lingkungan Ir. Helmi Basalamah, M.M., dan Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heriyandi Roni, M.Si, serta diikuti oleh Forkopimda dan OPD Provinsi Bengkulu dan Bengkulu Tengah.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengajak seluruh rimbawan baik di Kementerian LHK, pemerintah daerah, bisnis leaders dan para aktivis, para pemangku kepentingan yang ada dan seluruh masyarakat, untuk dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran dan kegiatan nyata di tingkat tapak secara masif dan terukur.

Menurutnya, Indonesia memandang sangat penting untuk memastikan bahwa komitmen-komitmen tersebut dipenuhi melalui kebijakan dan aksi-aksi nyata, untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya melalui Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, salah satunya dengan menanam dan memelihara pohon sebanyak mungkin.

“Penanaman serentak ini sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan, serta upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan dengan memperbanyak tegakan pohon/tanaman juga meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat umum atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya kegiatan penanaman pohon,” jelasnya.

Sebagai informasi, dalam acara penanaman serentak di Provinsi Bengkulu ditanam sebanyak 300 batang dengan jenis bibit Alpokat dan durian. Pelaksanaan penanaman berjalan dengan baik dan lancar. (red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

You cannot copy content of this page