Hadiri Rapat Paripurna, Walikota Santoso Sampaikan Ranwal RPJMD Kota Blitar Tahun 2021-2026

KOTA BLITAR, NUSANTARATERKINI.COM – Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd menyampaikan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Blitar Tahun 2021-2026. Penyampaian itu dilakukan Walikota Santoso pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Blitar Syahrul Alim di Ruang Paripurna DPRD, Rabu (14/04/2021).

Dalam sambutannya, Walikota Blitar Santoso menyampaikan, RPJMD yang hari ini disampaikan dan akan dibahas bersama merupakan sebuah dokumen perencanaan yang penting, strategis, dan amat menentukan kondisi pembangunan di Kota Blitar sampai lima tahun ke depan.

Lebih lanjut, RPJMD Kota Blitar Tahun 2021-2026 dimaksudkan untuk memberikan arah dan acuan bagi seluruh komponen pelaku pembangunan dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan daerah yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Ia menyebutkan, dalam penyusunan dokumen RPJMD ini disampaikan gambaran umum kondisi Kota Blitar beberapa tahun terakhir yang disajikan dalam 4 (empat) aspek yaitu aspek geografi dan demografi, aspek kesejahteraan masyarakat, aspek pelayanan umum, dan aspek daya saing daerah maupun memuat evaluasi hasil RPJMD periode lalu.

“Visi Kota Blitar dalam RPJMD ini adalah : Terwujudnya Kota Blitar Keren Unggul, Makmur Dan Bermartabat.
penjelasan kalimat visi tersebut yaitu: Kota Blitar Keren adalah Terwujudnya Kota Blitar Yang Dalam Realitas Keberagaman Tetap Dalam Kondisi Religius Dan Nasionalis, Rukun, Aman Dan Kondusif, Masyarakatnya Sejahtera Jasmani Dan Rohani.” Jelasnya.

Untuk itu, rancangan awal RPJMD ini telah melalui proses musrenbang yang diikuti berbagai komponen masyarakat dan mengakomodasi aspirasi masyarakat. sehingga jika nantinya sudah menjadi dokumen resmi perencanaan daerah dan sudah diperdakan maka harus kita dukung dan kita sukseskan bersama. kuncinya adalah bagaimana kita bisa menerapkan semboyan Rukun Agawe Santoso.

Dalam kesempatan itu, Santoso juga berharap dukungan, masukan dan saran dari semua pihak utamanya dari segenap pimpinan dan anggota dewan agar RPJMD benar-benar dapat menjami konsistensi pelaksanaan rencana, mengurangi kemungkinan terjadinya tumpang tindih pelaksanaan antar program serta implementasi program menjadi lebih terukur dampaknya bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Blitar.

“Mari kita lakukan pembahasan dengan seksama, karena dokumen RPJMD yang akan kita bahas ini akan sangat menentukan arah pembangunan Kota Blitar yang kita cintai ini sampai 5 tahun ke depan.” pungkasnya. (Hms/Adv)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.