Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Hadapi Pandemi Covid 19 DKP Bengkulu Utara Bagikan 35 ribu Bibit Sayuran

Loading...

BENGKULU – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, bagikan 35 ribu bibit sayuran kepada masyarakat. Puluhan ribu bibit yang dibagikan gratis ini bertujuan membantu masyarakat di tengah wabah Covid 19, Selasa (26/5/2020).

Selain menekan pengeluaran ekonomi masyarakat di tengah wabah, langkah ini diambil guna memberikan edukasi dan menumbuhkan minat bertani kepada warga. 

Dalam program Obor Pangan Lestari (OPAL), masyarakat akan menerima bantuan bibit sayuran berupa cabe, terong, tomat, labu. Serta bibit jagung dan ubi jalar sebagai tanaman pangan penyedia karbohidrat.

“Jika tersedia sumber pangan di lahan sendiri, masyarakat akan mendapatkan sayuran dengan harga terjangkau, tersedia sepanjang waktu dan sehat,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara, Heri Purnomo.

Heri mengatakan, bantuan bibit akan dibagikan dapat 4 periode. Dalam pembagiannya, masyarakat dapat mendaftar melalui Pemerintah Desa maupun langsung mendaftar di Kantor Ketahanan Pangan setempat.

Tak hanya wilayah pedesaan, masyarakat yang tinggal di perkotaan diharapkan dapat menumbuhkan minat bercocok tanam dengan berbagai media yang ada.

Angka 35 ribu bibit yang akan dibagikan gratis ini dinilai tak akan mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat Bengkulu Utara. Kedepan, Pemerintah Desa akan dilibatkan dalam memperbanyak bibit melalui Kelompok Tani.

“Hampir sebagian besar warga disini memiliki lahan tanam, namun lucunya terkadang mereka masih membeli sayur baik di pasar atau pedagang keliling,” imbuhnya.(is)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.